Sleman uji coba Kawasan Denggung untuk "CFD"

id car free day

Sleman uji coba Kawasan Denggung untuk "CFD"

ganangprakoso.wordpres (ganangprakoso.wordpres)

Sleman  (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan melakukan uji coba kawasan ibu kota kabupaten di Denggung sebagai wilayah "car free day".

"Minggu 26 Januari 2014 pukul 06.00 WIB di Lapangan Denggung dan ruas Jalan KRT Pringgodiningrat hingga Pengadilan Negeri Sleman, akan dilaksanakan kegiatan penggeloraan gerakan nasional pelopor keselamatan berlalu lintas dan uji coba `car free day` (CFD)," kata Kabag Humas Setda Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti, Jumat.

Menurut dia, kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama Polres Sleman dengan Pemerintah Kabupaten Sleman.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan uji coba CFD ini diharapkan memiliki manfaat bagi lingkungan karena dapat mengurangi polusi udara dan memperbaiki kualitas udara meskipun masih terbatas wilayah yang dijadikan lokasi.

"Selain itu uji CFD ini diharapkan juga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas," katanya.

Endah mengatakan, uji coba CFD ini, juga akan diamanfaatkan berbagai komunitas untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti kegiatan olah raga, bersepeda, dan lain-lain.

"Pada pelaksanaan uji coba CFD 26 Januari 2013, akan diramaikan UKM binaan Dinas Perindagkop Sleman dan Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Sleman," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan penggeloraan gerakan nasional pelopor keselamatan berlalu lintas dan uji coba CFD ini diawali dengan acara senam pagi di Lapangan Denggung.

(V001)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024