Sundari Soekotjo ajak generasi muda nikmati keroncong

id keroncong

Sundari Soekotjo ajak generasi muda nikmati keroncong

Sundari Soekotjo (Foto Istimewa)

Jakarta (Antara Jogja) - Penyanyi keroncong senior Sundari Soekotjo mengajak para generasi muda Indonesia untuk bisa menikmati musik keroncong dalam berbagai kesempatan.

"Musik keroncong harus dipahami semua kalangan anak muda agar tetap lestari dan berjaya dalam menghadapi zaman apapun," ujar Sundari Soekotjo usai mengadakan pertunjukan 'Keroncong Week' di Jakarta, Selasa sore.

Sundari berpendapat budaya-budaya asli dan khas Indonesia harus dilestarikan, agar tidak diakui oleh negara lain ketika ada kesempatan.

"Jangan sampai ketika ribut diakui negara lain, baru semua bingung berusaha mempertahankan dan mengakui keroncong milik Indonesia," ujarnya.

Pada hari pertama 'Keroncong Week', pertunjukkan dimeriahkan oleh dua grup keroncong lintas generasi, yaitu Keroncong Tugu dan Lantun Orchestra.

Dalam kesempatan tersebut, Sundari Soekotjo berkolaborasi dengan kelompok musik Keroncong Tugu serta putrinya Intan Soekotjo bermain bersama Lantun Orchestra yang personelnya rata-rata berusia remaja.

Lagu-lagu yang dibawakan antara lain, Pasar Gambir, Lamgam Bunga Anggrek, Soerabaja serta Jali-jali.

"Melalui cara-cara pendekatan seperti ini, anak-anak muda akan lebih kreatif dalam mengembangkan musik keroncong," kata Sundari.

Ia berkata sudah tidak zamannya keroncong hanya untuk orang-orang tua, maka harus dikolaborasikan dengan alat-alat musik lainnya seperti accordion, flute, dan biola agar lebih terdengar baru serta tidak kaku.

(A072)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024