Penjabat bupati : MTQ pelajar menguatkan pembangunan akhlak

id Musobaqoh Tilawatil Quran

Sleman (Antara Jogja) - Musobaqoh Tilawatil Quran merupakan sarana mengenalkan kitab suci umat Islam kepada dunia bahwa di dalamnya terkandung cinta damai, kata Penjabat Bupati Sleman Gatot Saptadi.

"Dalam konteks pembangunan MTQ Pelajar umum juga mengemban misi menguatkan pembangunan akhlak bangsa juga sebagai wahana mencetak generasi Qurani," kata Gatot Saptadi saat membuka MTQ Pelajar SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Sleman, Selasa.

Menurut dia, terciptanya generasi yang Qurani dan berakhlak mulia menjadi salah satu tujuan diadakannya MTQ Pelajar Sekolah Umum.

"Dengan akhlak mulia akan dapat dicegah terjadinya tindakan yang tidak baik. Saat ini banyak terjadi pergaulan bebas, penyalahgunaan Narkoba dan berbagai kejahatan. Ini semua dapat dicegah dengan pemahaman Kitab Suci Al Quran," katanya.

Ia mengatakan MTQ juga menjadi sarana silaturahim antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lain.

Kegiatan MTQ Pelajar Sekolah Umum ini memiliki tujuan untuk memilih kafilah yang akan mewakili Kabupaten Sleman ke MTQ Pelajar Umum Tingkat DIY, yang akan berlangsung di Gunung Kidul 28 Oktober 2015.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sleman Arif Haryono selaku Ketua Panitia menyampaikan MTQ pelajar mempertandingkan 13 jenis macam musabaqoh yakni MTQ dan Puitisasi saritilawah putra dan putrid SD, MTQ putra/putrid SMP, SMA/SMK, Musabaqoh Tartil Quran (MTtQ) putra/putrid SD, SMP, SMA/SMK.

"Kemudian Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) putra/putrid SD, SMP, SMA/SMK, Musabaqoh Adzan (MAz), Doa setelah Adzan dan Iqomah putra SD, SMP dan SMK/SMK," katanya.

Selain itu juga digelar Lomba Pidato/Ceramah Agama putra dan putrid SD, SMP, SMA/SMK, Lomba Cerdas cermat Agama Islam (CCA) SD, SMP, SMA/SMK, Musabaqoh Seni Lukis Islam SD, Musabaqoh Syahril Quran (MSQ) SMP, SMA/SMK.

"Selanjutnya Masubaqoh Khutbah Jumat (MKJ) putra SMP, SMA/SMK, Lomba Nasyid putra/putri SMA/SMK, Loma Kaligrafi putra/putrid SMP, SMK/SMK, dan Lomba kebersihan dan Kemakmuran Mushola Sekolah (LKKMS) SD, SMP, SMA/SMK," katanya.

Pembukaan MTQ Pelajar ditandai dengan pemukulan bedug oleh Penjabat Bupati didampingi Kepala Dikpora, Ka Kemenag dan Camat Godean serta diawali dengan pelantikan dewan juri oleh Kepala Kemenag Sleman.

(V001)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2024