Lanud siapkan pesawat angkut pejabat hadiri JIAS

id air show

Lanud siapkan pesawat angkut pejabat hadiri JIAS

Ilustrasi Foto ANTARA/Febrian Zulkarnain/Ags/2013. ()

Bantul (Antara Jogja) - Pangkalan Udara Adisutjipto akan menyiapkan pesawat Hercules untuk mengangkut para pejabat menuju Pantai Depok, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menghadiri event Jogja Internasional Air Show (JIAS) 2017.

"Semua tamu pejabat akan diterbangkan dengan pesawat Hercules dari Lanud (Pangkalan Udara) Adisutjipto menuju landasan Pantai Depok Bantul," kata Kasi Objek Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata DIY yang juga panitia JIAS 2017 di Bantul, Rabu.

Menurut dia, JIAS atau ajang olahraga kedirgantaraan merupakan event tahunan yang diselenggarakan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) DIY yang bekerjasama dengan Lanud Adisutjipto, Dinas Pariwisata DIY dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul.

Pada 2017, event JIAS diselenggarakan di empat kabupaten dan satu kota di DIY mulai 26 April sampai 30 April nanti, namun berbagai kegiatan dipusatkan di landasan kecil kawasan Pantai Depok sekaligus puncak acara tersebut pada 30 April.

Ia mengatakan, langkah menerbangkan para pejabat yang diundang untuk menghadiri JIAS itu untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas jika memakai jalur darat mengingat pengalaman tahun sebelumnya event itu selalu mendapat antusiasme masyarakat.

"Jadi semua pejabat baik dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata, dan Gubernur DIY akan kami terbangkan dari Adisutjipto, bahkan Bupati Bantul kalau mau bisa kami terbangkan dari sana," katanya.

Panitia berharap, para pejabat yang diundang pada puncak acara JIAS dapat menghadiri dan mendukung acara tersebut tanpa hambatan masalah transportasi, sebab event JIAS sudah menjadi kalender Dispar DIY dan Kementerian Pariwisata.

Wardoyo mengatakan, selain sejumlah pejabat pemerintah, para atlet olahraga kedirgantaraan juga akan diterbangkan dengan pesawat Hercules tersebut untuk kemudian terjun sekaligus menunjukkan performa di udara pada puncak acara tersebut.

"Total atlet ada seratus orang lebih, kemudian nanti ada pemecahan rekor penerjun terbanyak membentuk formasi melingkar berpegangan tangan selama tujuh detik. Mereka atlet Indonesia yang turun dari pesawat Hercules," katanya.
KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024