Panglima TNI hadiri buka bersama 1.000 yatim

id Panglima TNI, buka bersama, Adi Sutjiptp

Panglima TNI hadiri buka bersama 1.000 yatim

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memberikan sambutan dalam acara buka bersama dengan 1.000 anak Yatim Piatu di Hangar Skadron Pendidikan 102 Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Minggu (4/6).(Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta, 4/6 (Antara) - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menghadiri acara buka bersama dengan 1.000 anak yatim piatu di Hanggar Skadron Pendidikan 102 Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Minggu.

Gatot Nurmantyo bersama rombongan tiba di lokasi acara sekitar pukul 17.00 WIB dan disambut Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X, Komandan Lanud Adisutjioto Marsma TNI Novyan Samyoga, Bupati Bantul Suharsono, serta jajaran pejabat TNI/Polri.

Dalam sambutannya, Gatot menekankan pentingnya bersedekah. Bersedekah tidak perlu menunggu memiliki banyak harta, melainkan bisa dilakukan dalam situasi kekurangan sekalipun.

"Jangan sungkan-sungkan bersedekah apalagi pada Ramadhan," kata Gatot.

Anjuran bersedekah itu, ia ilustrasikan melalui sebuah dialog singkat antara ibu dan anak yang belakangan banyak tersebar di media sosial. Dalam kisah yang ia sampaikan di depan anak-anak yatim piatu itu, sang ibu  ngin meyakinkan anaknya bahwa bersedekah tidak perlu menunggu harta berlebih.

"Kita ini memiliki rezeki masing-masing tetapi kewajiban kita untuk bersedekah kurang lebih sama," kata Gatot mengutip ucapan ibu dalam percakapan itu.

Setelah acara buka bersama, Gatot mengikuti Salat Tarawih di tempat yang sama. Seusai Salat Tarawih, Gatot menyerahkan bingkisan kepada 1.000 anak yatim piatu.

Menurut Komandan Lanud Adisutjioto Marsma TNI Novyan Samyoga kunjungan itu merupakan bagian dari Safari Ramadhan Panglima TNI yang sebelumnya juga telah dilaksanakan di Iskandar Muda Aceh.

Safari Ramadhan Gatot di Yogyakarta dijadwalkan berlanjut ke Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta untuk memberikan kuliah umum yang dikemas dalam bentuk pengajian Ramadhan.***4***