4.300 data e-ktp tunggu penunggalan

id e-ktp

4.300 data e-ktp tunggu penunggalan

Ilustrasi perekaman data pembuatan e-KTP (Foto antaranews.com) (antaranews.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Sekitar 4.300 data rekam kependudukan di Kota Yogyakarta masih menunggu penunggalan data sebagai syarat agar bisa dilakukan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik.

"Masih ada sekitar 4.300 data. Harapannya selesai Desember ini karena mengacu pada target di pusat," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Sisruwadi di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, pemerintah di daerah hanya dapat menunggu proses penunggalan data karena kewenangan tersebut berada di pusat. "Tanpa dilakukan penunggalan data, maka kami tidak bisa melakukan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik," katanya.

Meskipun demikian, lanjut Sisruwadi, proses pencetakan kartu tanda penduduk elektronik di Kota Yogyakarta tetap berlangsung karena masih ada sekitar 10.000 data rekam kependudukan yang sudah berstatus "print ready record" atau sudah menjalani proses penunggalan data.

Sisruwadi bahkan menyebut, sebanyak 4.000 keping blanko kartu tanda penduduk elektronik yang baru saja diterima Kota Yogyakarta sudah ludes dan kini dalam tahap pengajuan permohonan penambahan blanko ke pusat.

"Kebutuhan kami adalah sekitar 20.000 keping blanko. Selain untuk memenuhi kebutuhan warga yang belum melakukan pencetakan, juga untuk memenuhi kebutuhan warga yang melakukan mutasi masuk ke Kota Yogyakarta," kata Sisruwadi.

Ia berharap, kebutuhan blanko tersebut dapat segera dipenuhi pusat guna memastikan bahwa pemerintah di daerah mampu menyelesaikan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik pada Desember.

"Semula, kami mengundang warga yang datanya sudah menjalani proses penunggalan. Namun, banyak yang tidak datang padahal kartu sudah terlanjur dicetak," katanya.

Oleh karena itu, lanjut Sisruwadi, saat ini proses pencetakan kartu tanda penduduk elektronik dilakukan jika ada permohonan langsung dari warga. "Dengan sistem ini, warga yang benar-benar membutuhkan kartu tanda penduduk elektronik bisa terlayani dengan baik," katanya.
(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024