Bantul promosikan produk unggulan melalui Grebek Pasar

id Bantul

Bantul promosikan produk unggulan melalui Grebek Pasar

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul (Antara) - Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar Grebek Pasar Rakyat guna mempromosikan produk yang menjadi unggulan masing-masing pasar tradisional daerah ini.

"Tujuan Grebek Pasar Rakyat ini adalah mempromosikan produk unggulan masing-masing pasar dan mempertahankan eksistensi pasar rakyat," kata Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanta Hadi disela pembukaan Grebek Pasar Rakyat di Bantul, Kamis.

Grebek Pasar yang diadakan pada 30 November dan 1 Desember itu diikuti oleh pedagang pasar se-Bantul dan mengambil tema "Dengan Grebek Pasar Kita Budayakan Belanja Hemat di Pasar Rakyat".

"Ini sebagai salah satu upaya mengajak masyarakat berbelanja hemat di pasar sekaligus ajang silaturahmi APPSI (asosiasi pedagang pasar) Bantul dan memperkenalkan peran aksi dalam pengelolaan pasar rakyat," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan kegiatan Grebek Pasar merupakan itikad baik dan upaya bersama dalam upaya melestarikan keberadaan pasar tradisional dari maraknya berkembangan pasar modern saat ini.

Menurut dia, pemerintah beserta pedagang pasar serta pemangku seluruh kepentingan perlu melakukan inovasi dan kreasi agar eksistensi pasar tradisional terus-menerus bertahan dan berkembang di tengah gempuran-gempuran pasar modern.

"Kita harus memiliki rasa `hanggarbeni` terhadap pasar yang kita miliki, marilah kita kelola pasar-pasar tradisional yang ada di Bantul dengan sebaik-baiknya. Jadikan pasar selayaknya jadi rumah kita yang harus dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya," katanya.

Ia berharap semua pihak terkait bisa bekerja sesuai tugasnya secara profesional dan pengelola pasar harus bisa mengelola pasar dengan baik sesuai dengan aturan yang ada, sementara pedagang harus bisa melayani pembeli dengan baik.

"Asosiasi pedagang pasar harus bisa memberdayakan para pedagang pasar dengan baik, demikian pula tentu pemda harus senantiasa menetapkan kebijakan yang berpihak kepada para pedagang pasar," kata Wabup Bantul.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar