Diskominfo DIY rencanakan program digitalisasi keistimewaan

id dishubkominfo,Dinas Perhubungan dan Komunikasi

Diskominfo DIY rencanakan program digitalisasi keistimewaan

Logo.dok

Yogyakarta, (Antaranews Jogja) - Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta merencanakan penerapan program digitalisasi keistimewaan untuk mengajak masyarakat mengaktualisasikan keistimewaan Yogyakarta secara digital.

"Harus kita gali dan kita kolaborasikan agar masyarakat bisa ikut mewujudkan keistimewaan Yogyakarta secara terintegrasi dan kolaboratif," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY Rony Primantoro di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis.

Menurut Rony, digitalisasi keistimewaan itu antara lain bisa diwujudkan dengan menampilkan informasi mengenai kebudayaan serta sejarah Yogyakarta secara digital bisa dalam bentuk website atau lainnya.

Selain itu, juga bisa diwujudkan dengan mengembangkan aplikasi-aplikasi khusus yang mampu menjelaskan keistimewaan DIY.

Ia mengakui hingga saat ini banyak yang telah menyajikan informasi mengenai keistimewaan DIY secara digital. Namun demikian, informasi itu masih terpisah dan belum terintegrasi.

"Lalu akan kami kumpulkan menjadi satu sehingga masyarakat mudah mengakses dan memahami keistimewaan secara digital," kata dia.

Masyarakat DIY, kata dia, banyak yang memiliki potensi untuk mengembangkan program digitalisasi keistimewaan itu.

Menurut dia, pada 2018 perencanaan program digitalisasi keistimewaan DIY mulai dilakukan. Program itu bisa dimulai dengan menggunakan dana APBD atau dengan mengajak dunia bisnis untuk ikut terlibat.

"Tahun ini mulai kami susun aspek perencanaannya," kata dia.

Nantinya program digitalisasi itu, kata dia, tidak harus berbentuk aplikasi khusus melainkan berbentuk sarana apa saja yang mampu mewujudkan tata kelola keistimewaan secara digital.

"Harapannya, masyarakat bisa ikut berpartisipasi membangun keistimewaan Yogyakarta melalui program ini," kata dia.***4***



(L007)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024