Dishubkominfo Gunung Kidul segera operasikan Terminal Semin

id Terminal Semin

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera mengoperasikan Terminal Tipe C Semin pada akhir 2016.

Kepala Dishubkominfo Gunung Kidul Purnamajaya di Gunung Kidul, Rabu, mengungkapkan Terminal Semin sudah dilakukan uji coba operasional dalam pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2016.

"Untuk tahap uji coba berhasil, dan tanpa kendala berarti," kata Purnamajaya.

Ia mengatakan ada beberapa evaluasi yang dilakukan, diantaranya fasilitas terminal dan sarana pendukung lain seperti lampu penerangan jalan dan ruang tunggu yang belum terbangun sempurna.

"Ketersediaan lahan parkir yang belum terbangun. Sehingga masih harus disempurnakan," katanya.

Purnamaraya mengungkapkan meski masih dalam tahap penyempurnaan fasilitas dan sarana prasarana terminal serta belum diresmikan, namun terminal sudah dioperasikan dengan sebanyak 200-250 armada angkutan pedesaan dan angkutan perkotaan telah beroperasi secara regular.

"Saat ini sudah digunakan, kami terus melakukan penyempurnaan," kata dia.

Kabid Sarana dan Prasarana Dishubkominfo Kabupaten Gunung Kidul Sunarjo mengatakan ada sejumlah penyempurnaan mulai pembangunan pagar bagian selatan, tutup grill untuk saluran air hujan, papan nama dan rambu, penerangan dalam terminal dan juga akses untuk difabel.

"Masih memerlukan perbaikan dan penyempurnaan," katanya.

Ia mengatakan pembangunan termina Tipe C ini sejak 2008 lalu, sempat berhenti dan baru dilanjutkan pada 2013. Lamanya pembangunan ini tidak lepas dari besarnya anggaran.

"Awalnya hanya pembangunan pembebasan lahan dan pembuatan pagar, lalu tahun 2013 diteruskan dengan pembangunan fisik terminal," katanya.

Pada 2015, lanjut Surnarjo, terminal tipe C Semin digelontor dana sebesar Rp3,4 miliar yang bersumber dari APBD DIY. Sedangkan dari pemkab mengeluarkan anggaran sebesar Rp465 juta.

"Rencananya, tahun ini pembanguan selesai dan terminal bisa digunakan," katanya.


(KR-STR)