Chef membagikan 5.678 nasi kebuli gratis

id Chef,Nasi kebuli

Chef membagikan 5.678 nasi kebuli gratis

Puluhan chef dari Indonesian Chef Association DIY memasak nasi kebuli secara bergantian saat acara "Coocking On The Road Nasi Kebuli" di kawasan Tugu Yogyakarta, Minggu (3/6) sore. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Puluhan chef dari Indonesian Chef Association Daerah Istimewa Yogyakarta memasak 5.678 porsi nasi kebuli untuk dibagikan kepada masyarakat dan wisatawan secara gratis di kawasan Tugu Yogyakarta, Minggu sore, sebagai hidangan berbuka puasa.

Dalam acara "Coocking On The Road Nasi Kebuli" yang didukung Dinas Pariwisata (Dispar) DIY tersebut, sebanyak 80 chef tampak bergantian melakukan demo memasak nasi kebuli di kawasan Tugu Yogyakarta sebelum hidangan khas timur tengah itu dibagikan.

"Ada kalanya kita memasak untuk dijual dan ada saatnya kita memasak untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat," kata Ketua Indonesian Chef Association (ICA) BPD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Anton Yanwar di sela acara itu.

Menurut Anton, bagi ICA event tersebut tidak memiliki tujuan apapun kecuali mengampanyekan pola hidup saling berbagi kepada masyarakat.

"Yang jelas kami ingin mengampanyekan bahwa hidup harus saling berbagi," kata dia.

Acara yang ikut didukung ratusan mahasiswa perguruan tinggi pariwisata dan perhotelan di Yogyakarta itu, menurut Anton, telah digelar lima kali setiap Bulan Ramadhan. "Kalau dulu kita membagikan kolak dan nasi goreng, tahun ini nasi kebuli," kata dia.

Kepala Bidang Pemasaran Dispar DIY, Imam Pratanandi mengatakan selain sebagai sarana berbagi di bulan suci Ramadhan, event tersebut merupakan bagian dari upaya untuk mendongkrak kunjungan wisata di kota gudeg.

"Acara-acara seperti ini sangat penting dan kita dukung karena pada masa `low season` (masa sepi kunjungan) seperti ini kunjungan wisata memang mengalami penurunan signifikan," kata Imam.