Yogyakarta luncurkan aplikasi "Jogja Smart Service"

id pemkot

Yogyakarta luncurkan aplikasi "Jogja Smart Service"

pemkot yogyakarta (Foto Antara/Shinta)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta, segera meluncurkan aplikasi "Jogja Smart Service" yang bisa diakses melalui telepon pintar, dan merupakan upaya mewujudkan Yogyakarta sebagai kota cerdas.

"Dengan aplikasi ini, masyarakat dapat mengakses berbagai layanan, mulai dari penyampaian keluhan, permohonan perizinan hingga layanan kegawatdaruratan," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, aplikasi tersebut rencananya diluncurkan secara resmi bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta pada Kamis (7/6).

Heroe mengatakan, aplikasi Jogja Smart Service (JSS) akan menjadi penanda bahwa pemerintah Kota Yogyakarta berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat.

Melalui JSS, lanjut dia, masyarakat cukup mengakses satu aplikasi untuk bisa memperoleh berbagai layanan yang dibutuhkan karena seluruh sistem informasi dari setiap organisasi perangkat daerah disatukan dalam aplikasi tersebut.

"JSS ini juga merupakan pengembangan dari layanan pengaduan, informasi dan keluhan yang dimiliki pemerintah Kota Yogyakarta sejak 2003. Jika dulu hanya bisa diakses melalui telepon, email atau pesan singkat, maka JSS ini akan memudahkan masyarakat mengakses berbagai layanan," katanya.

Namun demikian, aplikasi JSS tersebut menuntut seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk bisa memberikan respon terbaik terhadap keluhan atau permohonan layanan yang masuk.

"Perlu ada prosedur standar untuk menanggapi keluhan dan permohonan layanan. Setiap OPD harus memiliki satuan tugas khusus untuk menindaklanjuti keluhan atau permohonan yang masuk," katanya yang menyebut seluruh permohonan dari masyarakat harus sudah bisa ditindaklanjuti dalam waktu 1x24 jam.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta, Edy Muhammad mengatakan, konsep kota cerdas yang akan dikembangkan di Kota Yogyakarta meliputi empat unsur yaitu bidang pendidikan, pariwisata, budaya dan pelayanan jasa.

"Sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mewujudkan Yogyakarta sebagai kota cerdas terus dilengkapi. Harapannya, masyarakat memperoleh kemudahan dalam mengakses berbagai layanan," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024