Kasau pimpin upacara Hari Bakti TNI AU

id yuyu sutisna

Kasau pimpin upacara Hari Bakti TNI AU

Kasau Marsekal Yuyu Sutisna memimpin Upacara Hari Bhakti ke 71 TNI AU di Lapangan Dirgantara AAU Yogyakarta Minggu 29 Juli 2018. (Foto Antara/Victorianus SP)


Sleman (Antaranews Jogja ) - Kepala Saf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna memimpin upacara peringatan Hari Bakti Ke-71 TNI AU di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara di Yogyakarta, Minggu.
     
Peringatan ini setiap tahun diadakan, dimulai dari adanya dua peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 29 Juli 1947. "71 tahun yang lalu terjadi peristiwa heroik dari putra bangsa yang menjadi cikal bakal bakti Angkatan Udara," kata Yuyu Sutrisna.
     
Berawal dari bangkitnya keberanian para kadet Penerbang AU, Kadet Penerbang Mulyono, Sutarjo Sigit, dan Suharnoko Harbani. Demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.
     
"Mereka melakukan serangan udara pada pagi hari ke kubu pertahanan Belanda di Semarang, Ambarawa dan Salatiga. Serangan udara ini merupakan operasi udara pertama kali. Dan menjadi cikal bakal operasi udara yang terus dikembangkan oleh TNI AU," katanya.
     
Selain itu, gugurnya perintis dan pendahulu TNI AU Komodor Udara Agustinus Adisucipto, dan Komodor Udara Prof Dr Abdulrachman Saleh serta Opsir Muda Udara I Adisumarmo yang sedang melakukan misi kemanusiaan. Membawa obat-obatan bantuan dari Palang Merah Malaya untuk Palang Merah Indonesia pada sore harinya juga menjadi catatan sejarah Bakti TNI AU.
     
"Tujuan peringatan Hari Bakti untuk mengingat kembali perjuangan keberanian dan sikap rela berkorban dari para perintis TNI AU," katanya.
     
Ia mengatakan, untuk memperkuat karakter profesionalisme militer, menanamkan arti sebuah perjuangan mulia tanpa memperhitungkan untung-ruginya.
     
"Inilah arti mendharmbhaktikan jiwa raga bagi Negara dan Bangsa Indonesia," katanya.
   
 Dalam pembacaan Lintasan Sejarah, disampaikan bagaimana lapangan terbang Maguwo menjadi saksi bisu peristiwa 71 tahun yang lalu. Selasa subuh, 29 Juli 1947 para pemuda penerbang Indonesia sibuk.
     
Persiapan melakukan  serangan ke tangsi militer Belanda di Semarang, Salatiga dan Ambarawa. Empat pesawat direncanakan melakukan operasi udara ini. Namun saat akan terbang, hanya tiga pesawat yang siap dipasangi bom. Hal ini dikerjakan siang malam oleh para teknisi.
     
Deru mesin pesawat pagi itu memecahkan lapangan Udara Maguwo. Pesawat Guntai dan dua pesawat Cureng secara beruntun terbang meninggalkan Maguwo. Pesawat Guntai dipiloti Kadet Udara 1 Mulyono, didampingi Air-Gunner Dulrahman tinggal landas terlebih dahulu.
     
Disusul dua pesawat Cureng yang diawaki Kadet Udara 1 Sutarjo Sigit, berpasangan dengan Air-Gunner Sutarjo. Juga Kadet Udara 1 Suharnoko Harbani dengan Air-Gunner Kaput.
     
Kaca kopit pesawat dilepaskan, badan dan sayap diberi cat warna hijau militer. Sedangkan modifikasi mengutamakan pada mekanisme untuk menjatuhkan bom, yang digantungkan di kedua sayap pesawat. Bom beratnya masing masing 50 kg.
     
Kadet Mulyono diperintah menyerang tangsi Belanda yang berada di Semarang. Menggunakan pesawat pembom tukik "driver Bomber" Guntai berkekuatan 850 daya kuda. Pesawat berkecepatan jelajah 265 km/ jam dibebani 400 kg. Dilengkapi dua senapan, disayap dan dibelakang penerbang. Berperan sebagai penembak udara, Dulrahman.
     
Dengan menggunakan penerangan lampu senter dibarengi kode-kode dari sesama penerbang, akhirnya pesawat berhasil diterbangkan. Ketika malam masih menyelimuti kota, bom telah dijatuhkan ke tangsi militer.
     
Misi selesai, sesegera mungkin kembali ke pangkalan udara Maguwo dengan terbang rendah dan mendarat jam enam pagi.
     
Melalui peristiwa bersejarah itu, suasana perjuangan semakin bergelora di hati pemuda pejuang. Menambah semangat juang bangsa Indonesia. Bahkan menambah percaya diri pemuda waktu itu. Penyerangan tiga kota itu merupakan pernyataan eksistensi Negara Indonesia, yang saat itu tercabik oleh pengingkaran Belanda dengan hasil perjanjian Linggarjati.
     
Keberadaan Militer Indonesia ternyata di takuti oleh Belanda. Terbukti dengan upaya balasan pihak Belanda untuk memperlemah militer Indonesia.
     
Peristiwa sejarah merupakan kejadian yang terjadi hanya sekali (enmaleg). Dan penyerangan itu hanya akan menjadi cerita, apabila  generasi penerus hanya melihat sebagai peristiwa semata. Padahal, tindakan heroisme ini penuh dengan pesan moral.
     
Keteladanan diwariskan melalui peristiwa penyerangan ini. Ada bukti keberanian, dedikasi dan cinta tanah-air dari pemuda-pemuda Indonesia. Ini adalah keteladanan yang baik, mengenai arti keberanian dari seorang penerbang yang ingin mendarmabhaktikan dirinya. Sutarjo Sigit, Suharnoko Harbani dan Mulyono merupakan generasi emas TNI AU yang telah sepenuh jiwa raga mengharumkan nama Indonesia ke kancah dunia Internasional.
     
"Semangat pengabdian yang tulus, rela berkorban dan dedikasi yang tinggi hendaknya menjadi spirit. Dan motivasi bagi seluruh prajurit TNI Angkatan Udara. Keteladanan yang patut diambil dari peristiwa penyerangan Semarang, Salatiga dan Ambarawa. Menjadi sumber inspirasi bagi segenap insan dirgantara dalam pengabdian kepada bangsa dan negara," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024