Empat KA Daop 6 berikan "Promo Merdeka"

id kereta api, tarif promo, promo merdeka

Penumpang Kereta Api (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww/18)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Penumpang kereta dari Daerah Operasi 6 Yogyakarta dapat menikmati tarif “Promo Merdeka” untuk empat kereta regular jarak jauh dari Stasiun Tugu Yogyakarta maupun Stasiun Solo Balapan menuju Jakarta, Bandung, dan Malang.
   
“Dengan program ’Promo Merdeka’ ini, penumpang bisa menikmati tarif serba Rp73.000, baik itu kereta ekonomi maupun bisnis bahkan kereta eksekutif,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Jumat.
   
Tarif Promo Merdeka tersebut dapat diakses untuk keberangkatan pada tanggal-tanggal tertentu sepanjang Agustus yaitu pada 13, 14,15, 27, 28, 29 dan 30 Agustus.
   
Keempat kereta api jarak jauh reguler dari Daerah Operasi 6 Yogyakarta yang menerapkan program tarif “Promo Merdeka” yaitu Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir, Lodaya relasi Solo Balapan-Bandung, Fajar Utama Yogya relasi Yogyakarta-Pasar Senen, dam Malioboro Ekspres relasi Yogyakarta-Malang.
   
Namun demikian, tempat duduk yang disediakan untuk tarif “Promo Merdeka” dibatasi, sehingga tidak semua tempat duduk yang disediakan akan dijual dengan tarif promo.
   
Pada kereta Argo Lawu menyediakan 17 tempat duduk dengan tarif promo per hari, sedangkan untuk Lodaya masing-masing 17 tempat duduk di kelas eksekutif dan bisnis, Fajar Utama Yogyakarta 17 tempat duduk tiap hari, dan Malioboro Ekspres menyediakan 10 tempat duduk promo di kelas eksekutif dan 17 tempat duduk promo di kelas ekonomi.
   
Dengan tarif promo tersebut, penumpang bisa menikmati harga tiket yang cukup murah dibanding harga tiket normal, misalnya untuk kereta Lodaya kelas eksekutif bisa mencapai Rp320.000 dan untuk bisnis Rp215.000, sedangkan untuk Malioboro Ekspres bisa mencapai Rp250.000 untuk kelas eksekutif.
   
Meskipun demikian, Eko mengingatkan penumpang yang memperoleh tiket dengan tarif promo, bahwa tiket promo tidak dapat diagabung dengan program reduksi atau diskon lain, namun dapat dibatalkan maupun diubah jadwal keberangkatannya.
   
“Tarif promo juga tidak berlaku parsial tetapi berlaku untuk jarak terpanjang sesuai relasi kereta. Jika hendak bepergian menggunakan Argo Lawu, maka tarif tersebut belaku untuk tujuan Solo-Jakarta. Jika hendak turun di stasiun lebih dekat, maka tetap dikenai biaya Rp73.000,” katanya.
   
Eko menyebut, program tarif promo merupakan bentuk apresiasi terhadap pelanggan kereta api sehingga akan ada lebih banyak masyarakat yang memanfaatkan moda transprotasi kereta.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar