UPT BP4 Pakem dikukuhkan sebagai pusat pendidikan pertanian

id Bupati sleman

UPT BP4 Pakem dikukuhkan sebagai pusat pendidikan pertanian

Bupati Sleman Sripurnomo (Foto Antara)


Sleman (Antaranews Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo mengukuhkan program Pilot Project Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Unit Pelaksana Tugas Balai Penyuluh Pertanian, Pangan dan Perikanan (UPT BP4) Pakem sebagai "Center of Education" (COE) Pertanian, Selasa.
     
"Semoga dengan adanya program ini, fungsi UPT BP4 sebagai tempat interaksi  dan penyuluh pertanian, pelaku utama usaha pertanian dapat semakin optimal," kata Sri Purnomo.
     
Menurut dia, BP4 memiliki peran yang strategis dalam menentukan keberhasilan pembangunan pertanian. Selain itu juga BP4 disebut sebagai garda terdepan dalam mengawal dan mensinergikan program-program pembangunan pertanian dalam upaya Pemerintah Kabupaten Sleman mewujudkan kedaulata pangan dan kesejahteraan Petani.
     
"Berkaitan dengan hal tersebut, maka sudah seharusnya BP4 selalu melakukan terobosan dan inovasi baru yang sejalan dengan perubahan zaman," katanya.
     
Dalam kesempatan tersebut juga Sri Purnomo meresmikan secara langsung Gedung Penyuluhan UPT BP4 wilayah Pakem-Turi sebagai pelengkap sarana dan prasarana BPP sebagai COE.
     
"Program sudah ada. Sarana dan prasarana sudah ada. Sehingga sudah saatnya UPT BP4 wilayah Pakem-Turi menjadi semakin baik dan mejadi contoh UPT BP4 lainnya," katanya.
     
Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman Heru Saptono mengatakan salah satu yang melatarbelakangi kegiatan tersebut yaitu jumlah penyuluh pertanian dan perikanan di Kabupaten Sleman semakin hari semakin berkurang dikarenakan batas usia pensiun.
     
"Sedangkan jumlah kelompok tani dan kelembagaan petani semakin bertambah. Berangkat dari permasalahan tersebut maka kami mencari solusi dan salah satunya dengan membuat program BP4 sebagai COE. Menjadikan UPT BP4 sebagai pusat pembelajaran, pendidikan formal baik bagi penyuluh, pelaku utama, pelaku usaha maupun masyarakat pada umumnya," katanya.
     
Heru juga mengatakan dengan adanya kegiatan tesebut dapat bermanfaat bagi peningkatan pengetahuan dan keterampulan petani dalam berusaha tani.
     
"Selain itu juga Heru menilai program tersebut dapat meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian dan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani," katanya.
     
Dalam kegiatan tersebut, Bupati Sleman berkesempatan melakukan peninjauan terhadap kegiatan di kantor UPT BP4 tersebut yaitu meninjau obyek klinik kunsultasi agribisnis (KKA), meninjau obyek perpustakaan, serta meninjau obyek laboratorium lapangan yang terdapat di UPT BP4 wilayah Pakem-Turi.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024