Google merenovasi laman jogjabelajar.org milik Balai Tekkomdik

id disdikpora diy

Google merenovasi laman jogjabelajar.org milik Balai Tekkomdik

Disdikpora DIY (pendidikan.diy.go.id)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Google bekerja sama dengan Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta akan merenovasi laman jogjabelajar.org milik instansi tersebut.
     "Google merenovasi laman tersebut melalui program sinergi Google for Education dan Jogjabelajar Jogja Smart Education," kata President Director PT Duta Digital Informatika Arya Sanjaya, selaku mitra resmi Google for Education di Indonesia, di Kantor Disdikpora DIY Yogyakarta, Jumat.
     Menurut dia, kerja sama antara Google dan Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Tekkomdik) Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu untuk mewujudkan pendidikan Yogyakarta berkelas dunia.
     "Kerja sama itu untuk menghadapi era digitalisasi yang berkembang begitu pesat yang berdampak pada semua sektor termasuk pendidikan. Salah satu bentuk kerja sama itu adalah meningkatkan domain jogjabelajar.org menjadi domain pendidikan berbasis teknologi Google," katanya.
     Ia mengatakan pengguna jogjabelajar.org secara otomatis dapat menggunakan seluruh aplikasi produktivitas untuk pendidikan yang terdapat di Google melalui akun pengguna yang berakhiran nama domain @jogjabelajar.org.
     "Melalui layanan baru itu, laman jogjabelajar.org yang semula memiliki lima fitur utama, yakni JB Media, JB Budaya, JB Radio, JB Class, dan JB Tube, akan ditambah fitur JB Mail," kata Arya.
     Kepala Balai Tekkomdik Disdikpora DIY Isti Triasih mengatakan kerja sama itu dalam rangka menyongsong revolusi pendidikan 4.0 dan menyukseskan program Jogja Smart Education untuk mewujudkan Pendidikan Yogyakarta Kelas Dunia.
     "Disdikpora DIY melalui Balai Tekkomdik selalu berupaya cepat dan sigap menciptakan terobosan baru terkait teknologi media pembelajaran bagi masyarakat. Semua itu untuk mendukung tercapainya misi Yogayakarta sebagai pusat pendidikan pada 2025," katanya.
     Ia mengatakan selain berkolaborasi dengan Google untuk memberikan layanan pendidikan digital unggulan di DIY, Balai Tekkomdik juga memiliki layanan khusus JB Class dalam bentuk aplikasi mobile berbasis Android.
     JB Class merupakan aplikasi "learning management system" berbasis website yang dirancang sebagai media tambahan atau pengayaan pembelajaran yang melengkapi pembelajaran konvensional melalui kelas maya.
     Sejak dirilis pada 2015, menurut Isti, JB Class saat ini memiliki 27.631 pengguna, 4.842 kelas "online", dan 8.204 konten pembelajaran," kata Isti.
     "Dengan diluncurkannya layanan jogjabelajar yang bersinergi dengan Google for Education dan layanan JB Class dalam bentuk aplikasi mobile berbasis Android diharapkan pendidikan Yogyakarta berkelas dunia, terutama pendidikan dasar dan menengah yang menjadi sasaran pertama program tersebut," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024