KJRI Jeddah akan promosikan potensi wisata Bantul

id Gerabah kasongan

KJRI Jeddah akan promosikan potensi wisata Bantul

Rombongan perwakilan KJRI Jeddah Arab Saudi dan sejumlah awak media negara tersebut saat berkunjung ke showroom kerajinan gerabah dan keramik Kasongan Bantul, DIY. (Foto Antara/Hery Sidik) (Foto Antara/Hery Sidik/)

Bantul (ANTARA News Jogja) - Pejabat perwakilan Konsulat Jenderal Republik Indonesia Jeddah, Arab Saudi, berkunjung ke Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama beberapa hari untuk mempromosikan potensi wisata daerah ini ke dunia.

"Kami membawa beberapa awak media ke Kabupaten Bantul agar mereka bisa menggali potensi wisata Bantul untuk dipromosikan kepada masyarakat internasional lewat media mereka," kata perwakilan dari Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) Jeddah Ahmad Sofyan di Bantul, Jumat.

KJRI Jeddah bersama sejumlah pelaku media `online` dari negara itu berkunjung ke Bantul selama tiga hari sejak Kamis (13/12) sampai Sabtu (15/12) untuk melihat potensi wisata Bantul dan dipromosikan lewat media mereka ke dunia internasional khususnya negara negara di Timur Tengah.

Menurut Ahmad Sofyan, kunjungan tersebut merupakan program rutin dari KJRI yang ada di Arab Saudi dengan mengajak awak media untuk melihat langsung potensi wisata yang ada di Indonesia dan kemudian dipromosikan ke dunia internasional.

Sementara itu, Ahmad Al Jahri, pimpinan sebuah media online di Arab Saudi disela kunjungannya mengatakan, bersama kawan-kawa ingin melihat kekayaan wisata di Bantul dan tempat lain di Indonesia untuk dipromosikan ke negara-negara Timur Tengah dan dunia internasional.

Menurut dia, orang-orang Indonesia sangat giat dalam bekerja dan kreatif dalam menciptakan aneka kerajinan yang dapat dijual dan diekspor ke luar negeri. "Saya dan kawan-kawan melihat sendiri kegiatan orang-orang Indonesia yang sangat positif dalam bekerja," katanya.

Berdasarkan jadwal kunjungannya, pada Kamis (13/12), tamu dari Jeddah berkunjung ke sentra produksi kerajinan gerabah dan keramik di Desa Wisata Kasongan yang kemudian dilanjutkan ke sentra kerajinan batik kayu di Krebet Sendangsari Pajangan.

Kemudian berkunjung ke lokasi budi daya pertanian bawang merah di wilayah Dusun Ngunan-Unan Desa Srigading Sanden dan dilanjutkan ke obyek wisata pantai Cemoro Sewu ki Kecamatan Kretek.

Selanjutnya pada Jum`at (14/12) berkunjung ke showroom batik Giriloyo dan showroom wayang kulit Pucung Imogiri, dan dilanjutkan ke wisata hutan pinus Mangunan, Seribu Batu dan Kebun Buah Mangunan Dlingo sekaligus bermalam.

Selanjutnya pada Sabtu (15/12) melanjutkan perjalanan menuju objek wisata Watu Mabur, kerajinan bambu Muntuk Dlingo dan berakhir dengan melihat kerajinan peci rajut di wilayah Bedukan Kecamatan Pleret.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024