Pecahkan rekor MURI, Festival Bakmi Jawa Khas Gunung Kidul

id Festival Bakmi Jawa,Festival Bakmi Jawa Khas Gunung Kidul,Festival Bakmi Jawa pecahkan rekor MURI,rekor MURI

Pecahkan rekor MURI, Festival Bakmi Jawa Khas Gunung Kidul

Bupati Gunung Kidul Badingah (kebaya hijau) memberikan sambutan setelah mendapat penghargaan Rekor MURI atas Festival Bakmi Jawa. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Festival Bakmi Jawa Khas Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mampu memecahkan Museum Rekor Indonesia setelah berhasil menghidangkan mencapai 5.657 porsi dari 5.500 porsi yang ditargetkan.

Salah satu petugas Muri Indonesia Siregar di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan dari hasil penghitungan akhir pembuatan Bakmi Jawa ini mencapai 5.657 porsi, artinya mampu melebihi yang telah ditargetkan oleh panitia kegiatan.

“Berdasarkan hasil penjumlahan kami, ada 5.657 porsi yang berhasil dibuat. Dan ini sekaligus mampu memecahkan rekor baru masuk dalam Muri Indonesia,” katanya.

Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan keberhasilan pemecahan rekor MURI ini tak luput dari kerja sama semua pihak. Ia sangat mengapresiasi semua pihak termasuh masyarakat yang memeriahkan acara tersebut.

Dia berharap, dengan pemecahan rekor ini dapat menjadi semangat dan meningkatkan UMKM penjual bakmi di Kabupaten Gunung Kidul lebih maju.

“Kami sangat senang dan bangga atas pemecahan rekor ini. Semoga penjual bakmi di Gunung
Kidul menjadi terus meningkat dan menjadikan kuliner khas daerah,” kata Badingah

Ketua Paguyuban Bakmi Jawa Gunung Kidul Pur Sukiran mengatakan orang yang memopulerkan Bakmi Jawa yakni Wonobuan dari Desa Piyaman, Kecamatan Wonosari pada 1942.

Ia berharap kegiatan masak Bakmi Jawa ini diagendakan secara rutin untuk menarik wisatawan ke Gunung Kidul.

"Kami berharap tidak hanya untuk memecahkan Rekor MURI saja, tapi diagendakan secara rutin," harapnya.

Baca juga: 47 pedagang bakmi jawa Gunung Kidul membuat 5.500 porsi pecahkan MURI