Kemendes dan UGM Yogyakarta kunjungi Rasau Jaya

id KKN-PPM mahasiswa UGM,Rasau Jaya,Kemendes kunjungi Rasau Jaya,UGM Yogyakarta kunjungi Rasau Jaya

Kemendes dan UGM Yogyakarta kunjungi Rasau Jaya

Bupati Bangka, Muklan saat menerima kegiatan KKN Tematik Mahasiswa UGM Jogya, Senin (1/7) (babel.antaranews.com/kasmono)

Pontianak (ANTARA) - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama Pimpinan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengunjungi lokasi Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) UGM di Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu.

Kunjungan dilakukan setelah sebelumnya dilaksanakan pertemuan dan penandatanganan nota kesepahaman UGM dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Nota kesepahaman terkait kerja sama tentang pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Nota kesepahaman itu ditandatangani Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM Paripurna serta Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan.

Program KKN-PPM UGM KB 008 bekerja sama dengan Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dilakukan sejak 30 Juni 2019 dengan mengusung tema "Revitalisasi Kawasan Transmigrasi.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni Universitas Gadjah Mada, Paripurna, berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya selaku tuan rumah lokasi pelaksanaan program KKN-PPM mahasiswa UGM KB 008.

"Kami berterima kasih karena mahasiswa kami diberikan kesempatan untuk belajar di sini, sekaligus juga sharing untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang selama ini mereka pelajari," kata Paripurna di Rasau Jaya, Sabtu.

Selain itu, tambahnya, mahasiswa UGM juga dapat belajar hidup bersama dengan masyarakat Kubu Raya khususnya di Kecamatan Rasau Jaya. Hal tersebut menurutnya sangat penting.

"Karena tidak hanya membuat mereka cerdas secara intelegensia tapi juga memiliki kecerdasan sosial dan kecerdasan emosional yang lebih baik," ujarnya.

Paripurna memaparkan tujuan utama dari KKN adalah menemukan problem yang dihadapi masyarakat di Rasau Jaya dan kemudian mencari solusinya. Ia berharap mahasiswa peserta KKN memperoleh banyak hal untuk mengembangkan peran UGM demi kemajuan bangsa dan negara.