Sekda Kota Yogyakarta dibebani tugas usai dilantik

id pelantikan, penjabat sekda, yogyakarta

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti (tengah) dan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi (kanan) memberikan selamat usai pelantikan Heri Karyawan sebagai Penjabat Sekda Kota Yogyakarta (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Heri Karyawan yang baru saja dilantik sebagai Penjabat Sekda Kota Yogyakarta langsung dituntut untuk cepat beradaptasi karena sudah dihadapkan pada berbagai tugas yang harus dikerjakan, seperti peringatan HUT Kemerdekaan RI hingga HUT Kota Yogyakarta.

“Harus segera beradaptasi. Meskipun statusnya adalah penjabat tetapi tetap harus bekerja layaknya sekda yang definitif. Ada banyak tugas yang harus segera ditangani,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti usai pelantikan di Yogyakarta, Kamis.

Selain HUT Kemerdekaan RI dan HUT Kota Yogyakarta pada awal Oktober, sejumlah tugas yang perlu dikerjakan oleh penjabat sekda dalam waktu dekat adalah melakukan koordinasi mengenai Idul Adha termasuk pemotongan hewan kurban, hingga pelantikan anggota DPRD Kota Yogyakarta periode 2019-2024.

Ia juga mengingatkan agar Heri segera berkoordinasi dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) mengenai APBD Perubahan 2019 yang saat ini sedang dalam proses evaluasi di Pemerintah DIY. Penjabat Sekda diminta untuk mendorong OPD yang realisasi pekerjaan fisik maupun keuangannya masih rendah dan belum memenuhi target.

“Status penjabat tetap memiliki tanggung jawab dan tugas yang sama seperti pejabat sekda yang definitif,” kata Haryadi.

Bersamaan dengan pelantikan Heri sebagai Penjabat Sekda Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta juga sedang berproses untuk menentukan pejabat sekda yang definitif melalui lelang terbuka yang dilakukan oleh panitia seleksi.

“Saya harap, dalam waktu yang tidak terlalu lama sudah ada pejabat definitif sekda yang terpilih,” kata Haryadi.

Pendaftaran untuk pengisian jabatan sebagai pejabat sekda definitif tersebut dilakukan hingga pertengahan Agustus.

Selain memegang jabatan sebagai Penjabat Sekda Kota Yogyakarta, Heri Karyawan juga masih akan memimpin Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). “Jadi, jabatan beliau ada dua sekarang. Kepala Bappeda dan Penjabat Sekda,” katanya.

Sementara itu, Heri menyebut, akan berusaha untuk bisa beradaptasi di lingkungan kerja yang baru dan siap menjalankan berbagai tugas sebagai penjabat sekda.

“Saya siap menjalankan dan melanjutkan berbagai tugas sebagai penjabat sekda. Saat ini, yang paling dekat adalah menunggu evaluasi APBD Perubahan 2019 dari DIY. Jika evaluasi sudah turun, maka akan segera disampaikan ke Banggar DPRD Kota Yogyakarta untuk selanjutnya memastikan anggaran bisa dijalankan dengan baik,” katanya.

Baca juga: Pemkot Yogyakarta mengajukan satu nama sebagai penjabat sekda

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar