74 warga binaan Rutan Bantul mendapat remisi Kemerdekaan

id Karutan Bantul

Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Pajangan Bantul Soleh Joko Sutopo (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Sebanyak 74 warga binaan pemasyarakatan Rumah Tahanan Kelas II B Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menerima remisi atau pengurangan masa hukuman pada 17 Agustus yang bertepatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Rutan Pajangan Bantul Soleh Joko Sutopo ketika dihubungi di Bantul, Jumat, mengatakan dari 74 WBP (warga binaan pemasyarakatan) tersebut, yang mendapat Remisi Umum (RU) 1 sebanyak 68 orang dan RU 2 atau langsung bebas berjumlah enam orang.

"RU 1 ada 68 WBP (warga binaan pemasyarakatan) dan RU 2 ada enam WBP, RU 2 itu yang bebas langsung pada tanggal 17 (Agustus) nanti," ucapnya.

Dia mengatakan, penyerahan remisi kepada narapidana yang sudah memenuhi syarat di antaranya telah menjalani masa tahanan paling sedikit enam bulan setelah ada kekuatan hukum tetap dan berkelakuan baik itu dilaksanakan pada upacara Hari Kemerdekaan di kompleks Rutan Bantul.

"Diserahkan pada saat upacara HUT Kemerdekaan, rencananya akan diserahkan langsung oleh Bupati Bantul," ujarnya.

Dia mengatakan, untuk WBP yang mendapat remisi dan kemudian langsung bebas itu rata-rata mendapatkan masa pengurangan satu bulan atau 30 hari, sedangkan yang 68 narapidana lainnya juga mendapat remisi rata-rata satu bulan dan masih menjalani sisa hukuman.

"Total warga binaan Rutan Pajangan Bantul saat ini sekitar 220 orang, cukup banyak. Iya (akan berkurang enam orang) nanti," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar