Kredit Pintar hadir di Yogyakarta dukung pertumbuhan ekonomi

id kredit pintar,fintech

Kredit Pintar hadir di Yogyakarta dukung pertumbuhan ekonomi

Vice President Kredit Pintar Boan Sianipar menjelaskan industri fintech dan platform perusahaan (ANTARA/HO-Kredit Pintar)

Yogyakarta (ANTARA) - Kredit Pintar, perusahaan financial technology (fintech) peer-to-peer (P2P) lending yang merupakan penyedia solusi kebutuhan akses pembiayaan bagi perorangan juga sektor produktif, hadir di Yogyakarta untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kami ingin memperkenalkan industri fintech sekaligus platform Kredit Pintar secara merata agar manfaatnya dapat dirasakan masyarakat di Yogyakarta," kata Vice President dari Kredit Pintar Boan Sianipar di Yogyakarta, Kamis (19/9).

Acara ini merupakan agenda roadshow dari Kredit Pintar yang sejalan dengan misi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia sebesar 75 persen.

"Melalui agenda ini, kami berperan dalam mendorong literasi keuangan masyarakat untuk lebih mengerti, memahami sekaligus memanfaatkan berbagai layanan keuangan, khususnya layanan keuangan digital," katanya.

Menurut Boan, fintech hadir di kalangan masyarakat bertujuan untuk mempermudah akses pengkreditan bagi masyarakat yang belum terlayani. Namun kondisi yang sebenarnya, banyak masyarakat belum memiliki pengetahuan dan mengerti cara menggunakan layanan keuangan, khususnya fintech.

Padahal, jika masyarakat berada di status "well literate", dapat berdampak signifikan pada ekonomi suatu daerah karena adanya perputaran ekonomi dan meningkatnya pembelanjaan rumah tangga.

"Membangun ekonomi daerah merupakan salah satu bagian dari misi kami. Selain mengedukasi masyarakat, Kredit Pintar juga mengembangkan strategi kemitraan dengan mengajak BPD dan BPR untuk berpartisipasi dalam penyaluran pembiayaan dan menyediakan layanan jasa keuangan ke masyarakat. Kerja sama ini diharapkan dapat memacu dan memajukan pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Dalam upaya menyebarluaskan layanan agar manfaatnya dapat dinikmati oleh lebih banyak masyarakat, Kredit Pintar melakukan inovasi dalam pengembangan aplikasi yang mudah digunakan oleh nasabah maupun calon nasabah.

Platform Kredit Pintar saat ini sudah dapat diunduh di Google Playstore, dan untuk mengajukan aplikasi cukup dengan KTP.

Dengan adanya roadshow ini, diharapkan masyarakat Yogyakarta semakin memahami dampak positif dari fintech seperti mendukung pertumbuhan ekonomi suatu daerah, menciptakan lapangan kerja baru, dan menjadi sarana pemenuhan kebutuhan.

"Kami juga ingin mengajak seluruh BPD dan BPR yang ada di Yogyakarta untuk turut andil dalam strategi kemitraan yang dicanangkan oleh Kredit Pintar," kata Boan.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024