Istana jelaskan soal pembagian sembako oleh Jokowi

id presiden jokowi,sembako,covid-19,bey machmudin

Istana jelaskan soal pembagian sembako oleh Jokowi

Presiden Joko Widodo. ANTARA

Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menjelaskan soal pemberian sembako bagi masyarakat yang dilakukan langsung Presiden Joko Widodo.

"Harus saya jelaskan bahwa membagikan paket sembako langsung ke rakyat merupakan cara Presiden Joko Widodo secara pribadi menyatakan keprihatinan dan empati pada saudara-saudara kita yang sedang dalam kesulitan dan hal ini sudah dilakukan sejak Pak Jokowi menjadi wali kota Solo dan juga sebagai gubernur DKI Jakarta," kata Bey, di Jakarta, Rabu.

Jokowi diketahui membagikan sembako kepada masyarakat pada Minggu malam (26/4) dengan langsung mendatangi rumah penduduk.

"Presiden langsung memberikan kepada masyarakat di rumahnya di daerah Sempur (Bogor), yang dituju dan memang membutuhkan ada 3 KK, diserahkan langsung presiden tapi warga sekitar juga diberi paket sembako," kata dia.

Menurut Bey, dalam membagikan sembako tersebut, Jokowi juga menerapkan protokol kesehatan. "Sudah dicek sebelumnya di daerah itu dan Presiden juga menggunakan masker dan jaga jarak," kata dia.

Pembagian sembako langsung ke rumah warga itu, menurut dia, adalah bentuk solidaritas sosial. 

Ia pun berharap agar pembagian sembako itu juga dilakukan masyarakat yang mampu kepada mereka yang tidak mampu.

"Jika banyak orang yang mampu melakukan kebaikan yang sama, saudara-saudara kita yang sedang mengalami kesulitan karena wabah pasti sangat terbantu. Jika beban ini ditanggung bersama-sama, saling peduli, dan gotong-rotong pasti terasa ringan," katanya.

Terkait aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Jokowi juga selaku menekankan protokol kesehatan.

"Presiden selalu menekankan agar menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan, termasuk diusahakan untuk menghindari kerumunan. Hal ini Beliau sampaikan langsung dan ingatkan betul kepada anggota Paspampres," kata Bey.

Sebelumnya, Jokowi juga pernah membagikan sekitar 400 paket sembako di kawasan Jakarta Pusat pada 9 April 2020 selepas pulang dari Istana Merdeka sekitar pukul 17.00 WIB.

Paket sembako itu berisi beras, minyak, mie instan, hingga susu kotak dibagikan untuk para pengemudi ojek online, pedagang asongan dan warga lainnya.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024