Kualitas SDM ekonomi kreatif perlu guna tingkatkan daya saing

id Bupati Sleman,SDM sektor parekraf,Pariwisata ekonomi kreatif,Peningkatan SDM parekraf

Kualitas SDM ekonomi kreatif perlu guna tingkatkan daya saing

Bupati Sleman Sri Purnomo saat membuka Rapat Koordinasi Riset Pendidikan SDM di Bidang Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif yang diadakan Kementerian Koordinasi Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) RI di Sleman. Foto Antara/ HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo menyebutkan upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat diperlukan untuk meningkatkan daya saing.

"Menurut saya daya kreativitas dan inovasi SDM yang kita miliki sekarang ini masih perlu ditingkatkan lagi. Sehingga mempunyai analytical capability dan problem solving yang dibutuhkan oleh tuntutan zaman saat ini," kata Bupati Sleman Sri Purnomo, saat membuka Rapat Koordinasi Riset Pendidikan SDM di Bidang Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif di Sleman, Kamis.

Dalam kegiatan yang digelar oleh Kementerian Koordinasi Maritim dan Investasi ini, Sri Purnomo menjabarkan bahwa keberhasilan pembangunan dan pengembangan pariwisata di suatu daerah tidak lepas dari peran penting dari riset inovatif dan SDM yang unggul.


Menurut dia, riset inovatif akan mendukung penguatan ketahanan ekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Sedangkan SDM sebagai modal utama pembangunan nasional akan mendorong adanya peningkatan produktivitas.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Andri Wahyono mendorong setiap daerah membuat riset tentang kualifikasi SDM yang dibutuhkan masing-masing daerah.

"Karena SDM yang berkualitas merupakan faktor penting untuk meningkatkan kualitas sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di negara kita," katanya.


Ia mengatakan, bahkan SDM yang bergerak di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif harus memperoleh pendidikan, baik formal maupun informal, terlebih dahulu serta memperoleh bersertifikat.

Pada kesempatan ini juga diadakan diskusi empat sesi dengan sejumlah narasumber, di antaranya Samsul Widodo dari Dirjen DPT Kementerian Desa, Edy Rismunandar dari BBPPMV Kemendikbud, Kemal Akbar dari Sub Koordinator Peningkatan Kompetensi SDM Pariwisata, dan Mary Ismowati Ketua Program Pascasarjana STIAMI.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024