Lalu lintas Simpang Tugu Yogyakarta dialihkan saat penataan di sisi utara

id Simpang Tugu,Yogyakarta,lalu lintas, pengalihan

Lalu lintas Simpang Tugu Yogyakarta dialihkan saat penataan di sisi utara

Ilustrasi - Rencana manajemen lalu lintas selama penataan simpang Tugu Yogyakarta sisi utara. (HO- Instagram Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Penataan simpang Tugu sudah berjalan sejak September dan selama ini hanya dilakukan penyesuaian arus lalu lintas saja, namun memasuki penataan sisi utara mulai Selasa (17/11) perlu dilakukan pengalihan arus kendaraan agar pekerjaan bisa dilakukan lebih baik.

“Berdasarkan hasil koordinasi dengan penyedia jasa, maka perlu dilakukan penyesuaian arus lalu lintas karena ada beberapa pekerjaan teknis yang membutuhkan pembatasan kendaraan yang melintas,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif di Yogyakarta, Senin.

Kendaraan dari arah utara akan dialihkan menuju Jalan RW Monginsidi dan Jalan Pakuningratan. Penutupan lalu lintas dari sisi utara akan dilakukan mulai dari simpang tiga Jalan Pakuningratan.

Akibat penutupan tersebut, maka Jalan Asem Gede yang merupakan jalan searah ke utara akan diberlakukan dua arah.

Selain itu, lanjut dia, juga akan dilakukan pengalihan arus dari sisi barat dan timur menuju Jalan Margo Utomo.

Pengalihan arus tersebut ditujukan untuk memastikan usia beton dari penggantian batu pada pekerjaan di sisi selatan Tugu dapat memenuhi spesifikasi teknis.

Rekayasa lalu lintas di sisi selatan Tugu tersebut ditargetkan dilakukan dalam waktu sekitar satu pekan dan pada 22 November sisi selatan sudah bisa dilalui kendaraan secara terbatas untuk roda dua terlebih dulu.

“Kami berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas di seputar simpang Tugu selama pekerjaan fisik berlangsung guna meminimalisasi kepadatan yang mungkin terjadi,” katanya.

Oleh karenanya, Agus berharap, masyarakat yang hendak beraktivitas dan melalui simpang Tugu diharapkan dapat mengambil jalur alternatif lain untuk menghindari penumpukan kendaraan.

Pekerjaan penataan simpang Tugu Yogyakarta dengan mengganti batu di simpang tersebut dilakukan dalam dua tahap. Penyedia jasa terlebih dulu menyelesaikan penggantian batu di sisi selatan simpang Tugu dan baru kemudian melakukan penggantian di sisi utara.

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta menargetkan pekerjaan fisik penataan simpang Tugu dapat diselesaikan pada 19 Desember. Pekerjaan tersebut sepenuhnya didanai menggunakan dana keistimewaan.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024