Jalur evakuasi Merapi dengan cor blok berkualitas bagus

id Jalur evakuasi Merapi ,DPUPKP Sleman ,Truk pasir merapi ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Jalur evakuasi Merapi dengan cor blok berkualitas bagus

Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan jalur evakuasi Gunung Merapi di Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, (Antara Foto/Hendra Nurdiyansyah)

Sleman (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menjamin kualitas jalur evakuasi bencana erupsi Gunung Merapi berkualitas baik karena dibuat dengan cor blok spesifikasi yang berkualitas.

"Cor blok yang dibangun di jalur evakuasi bencana erupsi Merapi memiliki spesifikasi yang baik. Hal itu diharapkan agar jalur evakuasi tidak mudah rusak," kata Kepala Bidang Binamarga DPUPKP Kabupaten Sleman Achmad Subhan di Sleman, Rabu.

Menurut dia, jalur evakuasi selama ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat di lereng Merapi sebagai jalur ekonomi, sehingga berbagai jenis kendaraan banyak yang melintasi jalur ini.

"Spesifikasi cor block di jalur evakuasi Merapi bagus, dengan ketebalan 20 Centimeter dan dengan kualitas beton K 300, bukan K 250 lagi," katanya.

Ia mengatakan, untuk jalur evakuasi yang sudah diaspal, namun kondisinya sekarang rusak sudah diperbaiki dengan penambalan. "Jalur evakuasi yang sudah diaspal, dan saat ini rusak, kami lakukan penambalan," katanya.

Achmad Subhan berharap jika jalur evakuasi bencana erupsi Merapi selesai diperbaiki ada pengawasan ketat yang dilakukan oleh OPD terkait, terutama untuk kendaraan angkutan tambang.

"OPD terkait diminta mengawasi truk-truk galian C agar tidak melintasi jalur evakuasi," katanya.

Ia mengatakan penegakan aturan juga penting untuk menjaga kondisi jalur evakuasi tidak rusak lagi. "Kalau sudah diperbaiki jangan sampai rusak lagi, pengawasan OPD terkait juga harus dilakukan," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar