BPBD : tak ada kerusakan di Bantul akibat gempa Yogyakarta

id BPBD Bantul,gempa bumi, DIY Yogyakarta

BPBD : tak ada kerusakan di Bantul akibat gempa Yogyakarta

Kantor BPBD Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Hingga saat ini tidak ada laporan kerusakan akibat gempa bumi tersebut.
Bantul (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan tidak ada laporan kerusakan bangunan di daerah itu akibat gempa bumi tektonik bermagnitudo 5,4 yang mengguncang wilayah ini pada Minggu (13/12) pukul 15.39 WIB.

"Hingga saat ini tidak ada laporan kerusakan akibat gempa bumi tersebut," kata Manajer Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Aka Luk Luk Firmansyah saat dikonfirmasi di Bantul, Minggu petang.

Menurut dia, informasi yang diterima dari BMKG Yogyakarta, guncangan gempa tersebut dirasakan di daerah Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Sleman dengan kekuatan II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Baca juga: KPU Bantul: Sebanyak 20 orang kontak erat KPPS positif COVID-19 segera tes usap

Namun, di wilayah Kantor BPBD Bantul yang terletak di Bantul kota sebagian tidak merasakan dan sebagian warga merasakan getaran gempa. "Tidak mas, hanya sedikit (orang) yang merasakan," kata Aka Luk Luk.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta Agus Riyanto dalam keterangan resminya mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini terletak pada koordinat 9,81 LS dan 109,64 BT atau tepatnya di laut pada jarak 226 KM arah Barat Daya Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada kedalaman 16 KM.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia," katanya.

Baca juga: 59 pasien COVID-19 di Bantul sembuh

Menurut dia, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kota Yogyakarta, Bantul, dan Sleman II-III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," katanya.
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024