Petugas gabungan membubarkan setiap kerumunan di Titik Nol Yogyakarta

id Titik Nol,Yogyakarta

Petugas gabungan membubarkan setiap kerumunan di Titik Nol Yogyakarta

Petugas bubarkan setiap kerumunan di Kawasan Titik Nol Yogyakarta, Kamis malam. (ANTARA FOTO/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Petugas gabungan TNI/Polri dan Satpol PP Daerah Istimewa Yogyakarta membubarkan setiap potensi kerumunan orang di kawasan Titik Nol Kilometer, Kamis malam, menjelang pergantian Tahun 2021.

Pantauan ANTARA, pada 23.00 WIB sejumlah warga masih terus berdatangan dan berlalu lalang di kawasan Titik Nol Kilometer menuju Malioboro. Arus lalu lintas juga terpantau padat.



Meski demikian, pengunjung yang mencoba berhenti sejenak untuk berkerumun langsung diminta bubar dan lanjut berjalan.

"Kalau ada kerumunan kami akan menghalau untuk bubar. Mengenai mobilitas masyarakat selama dia bergerak saya kira tidak ada masalah," kata Kepala Bidang Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto seusai melakukan pemantauan di kawasan itu.



Yuliyanto meyakini sampai pukul 00.00 WIB tidak akan ada warga yang merayakan pergantian tahun dengan berkerumun di kawasan Titik Nol Kilometer maupun di pusat keramaian lainnya seperti Tugu Pal Putih, serta Malioboro, serta Alun-Alun Utara Yogyakarta.

Selain mengandalkan personel yang ditugaskan menghalau kerumunan, menurut dia, pagar barikade yang pasang di setiap sudut kawasan itu akan cukup menyulitkan orang untuk membuat kerumunan.



"Apalagi sekarang masih hujan, mudah-mudahan tidak terjadi kerumunan. Seandainya ada kerumunan masih batas wajar," kata dia.

Salah seorang pengunjung asal Pekalongan Provinsi Jawa Tengah Feni (25) mengatakan ingin tetap menikmati suasana pergantian tahun di Yogyakarta dengan menerapkan protokol kesehatan.

Meski di masa pandemi, ia mengaku tidak khawatir dengan potensi penularan COVID-19.

"Kalau kita takut terus, kita tidak akan bisa maju, yang penting kami sudah memenuhi protokol kesehatan, memakai masker dan handsanitizer," kata dia.

Ia pun mengaku akan menghindari setiap kerumunan di sekitarnya. "Saya tidak akan ikut berkerumun, jadi hanya lewat saja," kata dia.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024