IICE mendukung perkembangan industri kopi Indonesia

id Kopi,Industri,Pameran

IICE mendukung perkembangan industri kopi Indonesia

Kiri ke kanan: Dekan Faperta UGM Dr Jamhari, Ketua Umum Dekopi Anton Apriyantono, Presiden Direktur Traya Eksibisi Internasional Bambang Setiawan (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Pameran khusus industri kopi bertajuk Indonesia International Coffee Expo (IICE) akan digelar di Jakarta Convention Center pada Oktober 2021 dan Maret 2022 untuk mendukung perkembangan industri kopi Indonesia.

Pameran yang diselenggarakan PT Traya Eksibisi Internasional itu tidak hanya berfokus pada aspek bisnis, ekonomi dan perdagangan untuk industri kopi global. 

IICE juga berupaya menjadi wadah bagi kedai kopi merek lokal untuk berekspansi ke pasar global dengan menyediakan jaringan serta membentuk metode untuk keberlanjutannya. 

Presiden Direktur Traya Eksibisi Internasional Bambang Setiawan di Sleman, Sabtu, mengatakan pameran yang didukung penuh oleh Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) memiliki tujuan memberikan wawasan berharga tentang industri kopi global dan lokal. 

"Dekopi dan IICE akan mengadakan Trade and Business Forum bagi forum kopi profesional pertama di Indonesia," kata Bambang.

Dengan datangnya pembeli dari dalam dan luar negeri, menurut Bambang, pihaknya berupaya menghadirkan peluang bisnis dengan memberikan pengalaman dan koneksi dalam bisnis, pengetahuan mengenai kopi, dan perluasan budaya. 

"Sehingga pameran ini menjadi platform bisnis 'one-stop-shopping' untuk mencari kemitraan lokal dan global," kata dia. 

Pameran "business to business" ini diikuti oleh produsen kopi, eksportir dan "trading house", perusahaan peralatan kopi serta perlengkapannya, dan industri pendukung (perusahaan kemasan, logistik, desain interior, dan penyedia teknologi). 

Tidak hanya itu saja, perusahaan penyedia bahan pembuat kopi seperti perusahaan susu, tea ice cream, dan sirup perasa juga berpartisipasi dalam pameran ini. 

"Nantinya, para peserta ini dapat bertemu dengan visitors mulai dari importir dan eksportir, pemilik waralaba, wholesalers serta distributor dan masih banyak lagi," kata dia.

Dengan peserta dari berbagai lini dunia perkopian, IICE mengadakan dua program spesial yaitu Meet & Match Business Matching dan Trade & Business Forum. 

Program Meet & Match Business Matching merupakan program eksklusif business matching yang memudahkan peserta pameran menjadwalkan pertemuan selama pameran berlangsung dengan buyer yang ditargetkan untuk jaringan bisnis sesuai minat dan kebutuhan peserta. 

Program Trade & Business Forum didukung oleh Dekopi. Kegiatan ini memberi wawasan berharga mengenai industri kopi global serta lokal sehingga tercipta efek sinergi ke depannya. 

Dekopi yang menampung banyak asosiasi kopi di Indonesia berharap agar anggotanya dapat menemukan banyak ilmu baru untuk kemajuan bisnis mereka. 

"Tidak hanya itu saja IICE juga menyediakan berbagai acara yang memungkinkan peserta untuk melebarkan jaringan, menambah ketersediaan bahan baku, serta pembelajaran baru," kata dia.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024