Indonesia terima bantuan Oxygen Concentrator dari lembaga donor Hong Kong

id indonesia,bantuan,oxygen concentrator,lembaga donor hong kong

Indonesia terima bantuan Oxygen Concentrator dari lembaga donor Hong Kong

Ilustrasi - Seorang karyawan menyiapkan tabung oksigen untuk diisi ulang. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/agr)

Kementerian BUMN akan mendistribusikan bantuan dimaksud melalui Yayasan BUMN untuk Indonesia kepada rumah sakit yang membutuhkan di Tanah Air.
Jakarta (ANTARA) - Indonesia menerima bantuan Oxygen Concentrator (OC) dari lembaga donor dari Hong Kong dalam rangka membantu penanganan pandemi Covid-19.

Menteri BUMN Erick Thohir, mewakili Pemerintah RI mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi atas bantuan tersebut.

"Kementerian BUMN akan mendistribusikan bantuan dimaksud melalui Yayasan BUMN untuk Indonesia kepada rumah sakit yang membutuhkan di tanah air," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Benevolence Charity Hall Ltd Hong Kong sebuah lembaga sosial di Hong Kong telah menyumbangkan 60 unit Oxygen oncentrator (OC) kapasitas 10 liter senilai 30.600 dolar AS atau setara Rp444,5 juta kepada Pemerintah Indonesia.

Baca juga: UAD Yogyakarta menyerahkan bantuan 105 tabung oksigen kepada rumah sakit

Sebelumnya, sebagai salah satu bentuk upaya membantu Pemerintah Indonesia dalam penanganan pendemi, KJRI Hong Kong telah melakukan pendekatan kepada beberapa mitra di wilayah kerjanya untuk memperoleh pasokan OC guna membantu pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 di Indonesia.

Upaya KJRI Hong Kong tersebut mendapat respon positif dari Benevolence Charity Hall Ltd Hong Kong, yang merupakan sebuah lembaga sosial yang sering memberikan bantuan dan hibah kepada berbagai negara di Asia.

OC tersebut dipesan melalui produsen Guangdong OWGELS Science dan Technology Co, Ltd yang berlokasi di Kota Guangzhou, China.

KJRI Hong Kong berkomunikasi dengan pihak Kementerian BUMN terkait pengaturan pengiriman bantuan dimaksud dari Guangzhou ke Indonesia. Pengiriman bantuan tersebut difasilitasi dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia di Guangzhou.
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024