Forkopimda mewujudkan Kulon Progo Menuju Kabupaten Bebas Pungli

id Satgas saber,pungli,Kulon Progo,bebas KKN

Forkopimda mewujudkan Kulon Progo Menuju Kabupaten Bebas Pungli

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kulon Progo passang baliho  “Kulon Progo Menuju Kabupaten Bebas Dari Pungli” di seputaran Alun-alun Wates, Jumat (17/9). (Foto ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunung Kidul)

Kulon Progo (ANTARA) - Satuan Tugas Sapu Bersih bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, berkomitmen mewujudkan Kulon Progo Menuju Kabupaten Bebas Pungli.

Bupati Kulon Progo Sutedjo di Kulon Progo, Jumat, mengatakan pemberantasan pungutan liar (pungli) di semua sektor pelayanan publik memiliki tantangan besar sehingga perlu inovasi dengan menerapkan strategi pencegahan pungli melalui kebijakan implementasi model kota tanpa pungli.

"Pungutan liar ini kalau dibiarkan akan menjadi budaya yang tidak baik. Harapan kita, kita bersih dari pungutan-pungutan liar," kata Sutedjo.

Sebagai wujud ajakan dan seruan kepada masyarakat dalam rangka mendukung Kulon Progo Menuju Kabupaten Bebas Pungli, maka Satuan Tugas Sapu Bersih (Satgas Saber) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kulon Progo melakukan orasi dengan meresmikan baliho pungutan liar. Pemasangan baliho dilakukan di dua titik, yakni perlintasan kereta api sebelah timur (Teteg Wetan) dan perlintasan kereta api sebelah barat (Teteg Kulon).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajak warga agar menghindari dan meniadakan pungutan liar. Peran seluruh lapisan masyarakat diperlukan untuk bersama-sama memerangi pungli. Kegiatan pemasangan baliho bekerja sama dengan Inspektorat Daerah dan Forkopimda Kulon Progo.

"Kegiatan pemasangan baliho ini dilakukan untuk mengajak masyarakat agar menghindari pungli atau meniadakan pungli di semua lini kehidupan masyarakat, baik di instansi-instansi pemerintah maupun di lembaga-lembaga, dan kehidupan sehari-hari," katanya.

Wakapolres Kulon Progo yang juga Ketua Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kulon Progo Kompol Sudarmawan menegaskan kepada instansi maupun swasta untuk memberhentikan pungutan liar.

Satgas Saber Pungli ke depan akan terus meningkatkan kegiatan penyuluhan untuk mengimbau instansi dan swasta meniadakan pungli. Upaya preventif akan terus dilakukan dan langkah penegakan hukum menjadi langkah terakhir apabila masih terdapat pungutan liar.

“Satgas Saber Pungli Kabupaten Kulon Progo dengan mencanangkan pemasangan baliho, maka instansi maupun swasta diminta untuk menghentikan pungli ," kata Darmawan
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021