Dinkes: Pasien positif COVID-19 kembali muncul di Gunung Kidul

id Gunung Kidul,COVID-19

Dinkes: Pasien positif COVID-19 kembali muncul di Gunung Kidul

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty. (ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Pasien terkonfirmasi COVID-19 di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali bertambah satu kasus setelah tiga hari berturut-turut di wilayah ini nol kasus aktif.

"Hari ini, ada penambahan kasus harian COVID-19 satu kasus, sehingga selama pandemi total 17.999 kasus," kata Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunung Kidul, Kamis.

Ia mengatakan konfirmasi COVID-19 merupakan pasien suspek yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari. Pasien merupakan warga dari Kecamatan Playen.

"Pasien merupakan suspek dan dalam perawatan di RSUD Wonosari," katanya.

Tambahan kasus baru ini membuat angka kumulatif COVID-19 di Gunung Kidul menjadi 17.999 kasus konfirmasi positif, di mana 16.965 kasus sembuh, satu kasus dalam perawatan, dan 1.033 kasus meninggal dunia.

Sebelumnya, Dewi optimistis tidak ada peningkatan signifikan kasus COVID-19 setelah libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Peningkatan kasus COVID-19 diprediksi dua minggu setelah liburan.

Meski demikian, ia tetap meminta seluruh jajaran waspada karena penularan COVID-19 masih tetap berpotensi terjadi.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Tapi sejauh ini kalau saya lihat, optimistis tidak ada penambahan," katanya.

Bupati Gunung Kidul Sunaryanta meminta masyarakat tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat beraktivitas di luar meski kondisi pandemi sudah melandai.

"Jangan sampai lengah, kita masih hidup berdampingan dengan pandemi COVID-19," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022