Indonesia-Belanda jajaki kerja sama universitas keagamaan

id nuffic neso, kerja sama, Indonesia, Belanda

Indonesia-Belanda jajaki kerja sama universitas keagamaan

Delegasi Perguruan Tinggi Keagamaan dalam pertemuan di Belanda, beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO- Dokumentasi Pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga nonprofit bidang pendidikan Nuffic Neso menjajaki kerja sama perguruan tinggi keagamaan di Indonesia dan Belanda.

“Kerja sama pendidikan keagamaan antara Indonesia dan Belanda ini sejalan dengan apa yang dulu dicita-citakan tokoh Nahdlatul Ulama yang juga merupakan Presiden keempat Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang bisa terus merawat dan meruwat nilai-nilai agama yang berlandaskan ilmu pengetahuan yang komprehensif,” ujar Direktur Nuffic Neso, Peter van Tuijl, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan bahwa penting untuk mewujudkan sinergi berkelanjutan bagi perguruan tinggi keagamaan dari Indonesia dan Belanda.

Sebelumnya, Nuffic Neso Indonesia bekerja sama dengan PCINU Belanda dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda menggelar sesi Expert Meeting bertajuk “The Internationalization of Islamic Higher Education in Indonesia and the Netherlands’”.

Program itu bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan dan persamaan sistem dan kebijakan yang diterapkan di universitas keagamaan di Indonesia dan Belanda, serta mendiskusikan titik temu dan peluang kerja sama antarperguruan tinggi di masa depan.

“Program ini harus dapat ditindaklanjuti oleh perguruan tinggi, dan tentunya juga harus melibatkan pemerintah agar manfaat kolaborasi pendidikan bisa tersebar lebih masif dan merata,” kata dia.