Wabup Sleman ingin pertanian presisi dapat menarik minat petani milenial

id Wabup Sleman Danang ,Pertanian presisi ,Petani milenial

Wabup Sleman ingin pertanian presisi dapat menarik minat petani milenial

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa melakukan panen raya beras organik yang menerapkan sistem pertanian presisi yang merupakan program kolaborasi antara TelkomselDFE dan Koperasi Milenial Petani Kreatif Yogyakarta (Kokpakyo) di Sumberharjo, Prambanan, Rabu (22/6). Foto ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman,Daerah Istimewa Yogyakarta Danang Maharsa melakukan panen raya beras organik yang menerapkan sistem pertanian presisi yang merupakan program kolaborasi antara TelkomselDFE dan Koperasi Milenial Petani Kreatif Yogyakarta (Kokpakyo) di Sumberharjo, Prambanan, Rabu.

Danang Maharsa berharap dengan adanya sistem pertanian presisi yang digagas oleh TelkomselDFE dan KOMPAKYO ini semakin menggugah para generasi milenial untuk bertani.

"Sebab generasi milenial dapat lebih mudah mengoperasikan teknologi yang ada dalam sistem pertanian presisi ini, sehingga hasilnya pun diharapkan hasilnya bisa lebih optimal," katanya.

Menurut dia, saat ini mayoritas usia petani di Kabupaten Sleman berusia di atas usia 50 tahun.

"Maka dengan adanya pertanian presisi ini dapat menggugah para generasi milenial untuk mencintai pertanian," katanya.

Sementara Adrian Leo Hadipradata dari Kompakyo mengatakan bahwa dengan sistem pertanian presisi tersebut, petani semakin dipermudah dengan adanya bantuan teknologi.

Diantara teknologi yang digunakan dalam penanaman padi organik tersebut yaitu alat untuk memantau cuaca atau "Automatic Weather Station" (AWS) dan drone untuk penyemprotan pestisida.

"Lahan organik Kokpakyo di Kelurahan Sumberharjo Prambanan sekarang ini ada 10 hektare. Impian kami lahan tersebut kedepannya dapat mencapai 100 hektare, yang sekaligus dapat menjadi tempat belajar petani milenial dari hulu hingga hilir," katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga digelar upacara wiwitan sebelum dimulainya panen padi organik.

Upacara wiwitan merupakan tradisi masyarakat Jawa pada umumnya sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar diberikan hasil panen yang baik.

Selain itu juga ditampilkan seni teaterikal yang menggambarkan sosok Dewi Sri sebagai penjaga tanaman padi dari serangan hama.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024