Widya Analytic gelar webinar penerapan product design untuk organisasi-bisnis

id webinar

Widya Analytic gelar webinar penerapan product design untuk organisasi-bisnis

Webinar penerapan "product design" untuk perkembangan organisasi dan bisnis (ANTARA/HO-WA)

Yogyakarta (ANTARA) - Widya Analytic menggelar webinar yang membahas tentang penerapan "product design" untuk perkembangan organisasi dan bisnis menghadirkan pembicara Bagaskoro Saputro pada Kamis (23/6).

Dalam siaran pers yang diterima di Yogyakarta, Selasa, Bagas menjelaskan tentang pengertian produk. Produk terdiri dari 3 bagian yang saling bersatu yaitu user needs, business insight, dan technology.

Selanjutnya, Bagas menuturkan bahwa webinar kali ini berfokus pada pembahasan business insight. Sederhananya, sebuah produk perlu dikemas secara menarik baik dari segi harga, kemasan, penampilan, marketing, penjualan, ketersediaan bahan, dan biaya produksi.

"Keseluruhan aspek tersebut perlu diperhatikan agar produk bisa menghasilkan supply dan demand yang sesuai target," katanya.

Untuk membuat suatu produk yang matang, bersifat tidak tergantikan, dan dapat digunakan secara optimal oleh masyarakat, ada 4 peran yang dibutuhkan di dalam tim bisnis dalam mengembangkan produk.

Keempat peran tersebut adalah business intelligence, business analyst, financial technologist, dan business researcher. Antar-peran yang ada dapat bekerja sama untuk menjalankan metode atau paradigma dari sisi bisnis yang terdiri dari product market fit, business research, dan cost benefit evaluation.

"Product market fit adalah bagaimana user akan berinteraksi dengan produk yang kita ciptakan. Business research merupakan proses pembuatan desain dengan cara iteratif. Sedangkan cost benefit evaluation adalah proses cepat untuk menghasilkan desain sederhana product market fit," katanya.

Setiap organisasi dan instansi pastinya memiliki sebuah produk yang direncanakan dan sesuai dengan fokus atau cita-cita dari masing-masing organisasi dan instansi tersebut.

Idealnya, setiap produk yang diciptakan harus melalui proses mengidentifikasi peluang pasar, mendefinisikan masalah dengan jelas, mengembangkan solusi yang tepat untuk masalah tersebut, serta memvalidasi solusi dengan pengguna sebenarnya.

Jika seluruh proses tersebut dijalankan dengan cara yang tepat, maka tujuan terciptanya sebuah produk akan dapat tercapai. Menjawab permasalahan itu, Widya Analytic menggelar webinar tersebut. 

Webinar yang berlangsung selama kurang lebih 90 menit tersebut berhasil membuat peserta memahami bagaimana cara sebuah produk yang diciptakan dapat sesuai dengan cita-cita atau output yang diinginkan masing-masing instansi.

Selain itu, peserta juga antusias menanggapi materi yang membahas tentang bagaimana sebuah produk yang diciptakan memiliki saluran yang jelas ke arah market dengan adanya berbagai kompetitor.