KBRI-perancang Korsel promosikan batik

id Kim seo ryong, batik busana pria, iwan tirta private collection

KBRI-perancang Korsel promosikan batik

Sebagian karya perancang Korea Selatan Kim Seo Ryong bertajuk "Resort Collection 2022/23" yang menghadirkan motif-motif batik dalam karya pakaian pria atau menswear. Koleksi sebagai hasil kolaborasi dengan label batik Iwan Tirta Private Collection. (ANTARA/Iwan Tirta X Kim Seo Ryong Resort Collection 2022)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul mempromosikan batik lewat kolaborasi antara perancang busana Korea Selatan dengan label batik Iwan Tirta Private Collection asal Indonesia.

Melalui kolaborasi yang ditampilkan secara daring pada Jumat itu, menurut Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto, Indonesia bisa mempromosikan sektor ekonomi kreatif dan budaya di Negeri Ginseng.

"Kolaborasi ini mencerminkan batik tidak hanya sebagai warisan budaya bangsa tetapi juga wearable arts dan produk kreatif yang menerima sambutan hangat dari masyarakat Korea Selatan," ujar Gandi.

Kerja bareng perancang Korsel dan merek batik Indonesia untuk pertama kalinya dan difasilitasi oleh KBRI Seoul itu juga diharapkan dapat menciptakan peluang kerja bagi talenta muda Indonesia dan Korea Selatan.

Perancang busana Korsel Kim Seo Ryong dalam kesempatan itu menampilkan karya-karya bermotif batik melalui koleksi terbarunya bertajuk "Resort Collection 2022/23". Karyanya muncul dalam berbagai potongan mulai dari bomber jacket, flare pants, jas, hingga long coat.

Sang perancang memilih motif-motif Nusantara bernuansa cerah karena memiliki kesan tak lekang waktu (timeless) dan sesuai untuk kalangan mapan di Korea Selatan.

Pemilihan warna terang atau motif yang ikonik, dengan siluet busana yang arsitektural dan dekonstruktif juga memberi nafas baru penampilan busana pria.





 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024