Festival Indonesia Bertutur di Borobudur libatkan 900 seniman

id indonesia bertutur, borobudur,G20 kebudayaan

Festival Indonesia Bertutur di Borobudur libatkan 900 seniman

Tari dayakan tampil dalam pembukaan Festival Indonesia Bertutur 2022 di Pelataran Lumbini kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng, Rabu (7/9/2022). FOTO ANTARA/Heru Suyitno

Magelang, Jateng (ANTARA) - Sebanyak 900 seniman dan pelaku budaya terlibat dalam Festival Indonesia Bertutur di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada 7-11 September 2022 untuk mendukung pelaksanaan G20 dalam bidang kebudayaan.

"Terdapat 116 karya pada festival ini, meliputi pertunjukan, karya video mapping, karya dari festival cahaya, dan seni rupa," kata Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Kemendikbudristek Ahmad Mahendra di Magelang, Rabu.

Ia menjelaskan Indonesia Bertutur 2022 bertema "Mengalami Masa Lalu Menumbuhkan Masa Depan" itu mengambil lokasi 20 situs dari masa prasejarah sampai masa Majapahit.

Direktur Festival Indonesia Bertutur 2022 Taba Sanchabakhtiar mengatakan kegiatan itu memadukan masa lalu dan masa depan, menunjukkan bahwa warisan budaya bisa ditampilkan secara menarik dengan menggabungkan budaya dan teknologi.

"Kegiatan ini diselenggarakan dengan skala yang masif, tampilan karya-karya seni dengan pendekatan modern ini diharapkan bisa membuat cagar budaya Indonesia tidak hanya menjadi pengisi buku sejarah, tetapi bisa menjadi sumber edukasi, sumber inspirasi dan bahkan pengalaman baru bagi generasi muda," katanya.

Direktur Artistik Indonesia Bertutur 2022 Melati Suryodarmo menjelaskan Indonesia bertutur 2022 hadir setelah melalui tahapan yang panjang dengan melibatkan ratusan seniman dari berbagai penjuru Tanah Air dan mengundang seniman dari luar negeri.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024