Banteng Van den Bosch usai direhabilitasi marak dikunjungi wisatawan

id kementerian pupr,rehabilitasi,kawasan benteng pendem,jatim,jawa timur

Banteng Van den Bosch usai direhabilitasi marak dikunjungi wisatawan

Kawasan Pusaka Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem di Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur yang telah direhabilitasi Kementerian PUPR. ANTARA/HO-Kementerian PUPR

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berhasil menyelesaikan pekerjaan rehabilitasi bangunan di kawasan pusaka Benteng Van den Bosch atau biasa disebut Benteng Pendem di Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan pekerjaan rehabilitasi kawasan pusaka Benteng Pendem dilaksanakan dengan mengadopsi adaptive reuse concept, yakni mengembalikan fungsi bangunan cagar budaya dengan fungsi baru serta seminimal mungkin mengubah bentuk bangunan lama dengan tetap menjaga nilai kultural (cultural significance).

"Prinsipnya tetap mempertahankan konsep bangunan lama juga dilakukan penguatan struktur dengan menggunakan konstruksi baja," kata Diana dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Penataan Benteng Pendem bertujuan menjaga kelestarian bangunan cagar budaya yang dibangun tahun 1840-an sekaligus meningkatkan potensi pariwisata di Kabupaten Ngawi.

Rehabilitasi Benteng Pendem Ngawi mulai dikerjakan sejak 10 Desember 2020 sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo usai meninjau bangunan bersejarah tersebut pada Februari 2019 silam.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PUPR selesaikan rehabilitasi bangunan pusaka Benteng Pendem Jatim