Pesan perlindungan perempuan di "UNiTE"

id unite,ifi,un,women empowerment,kesetaraan gender,perlindungan perempuan,rara sekar,the dare,yacko

Pesan perlindungan perempuan di "UNiTE"

Penampilan Rara Sekar (hara) dalam konser dan standup comedy bertajuk “UNiTE” di MBloc Space Jakarta pada 10 Desember 2022. (IFI/Septiasto P.N)

Jakarta (ANTARA) - Musisi dan komedian berbagi panggung untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan dalam konser dan standup comedy bertajuk “UNiTE”, yang merupakan puncak kampanye “16 Days of Activism Against Gender-based Violence” 2022.

Berdasarkan keterangan pers Institut Français Indonesia (IFI), Rabu, sederet bintang tamu yaitu Rara Sekar, Yacko, The Dare, Sakdiyah Ma'ruf dan pendampingnya dari Comedy for Equality, berkomitmen untuk memerangi kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Dalam helatan akhir pekan lalu tersebut, para pengisi acara turut mempromosikan kesetaraan gender yang ditampilkan untuk publik Jakarta pada acara yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia, IFI, UN Women, UNFPA, UNDP, WHO, Komnas Perempuan dan Jakarta Feminis.

Lebih dari 270 orang bergabung di acara yang digelar di M Bloc Space Live House untuk menghadiri penutupan kampanye itu.

Sakdiyah Ma'ruf dan pendampingnya dari Comedy for Equality (Efi Sri Handayani, Frisca Rhomatiur, Nadia Sarasati, Natali Tjahjadi, Vevi Alfi Maghfiroh, Vania Sharleen Setyono) membuat penonton tertawa, dan menantang norma patriarki serta diktat dan stereotip yang dipaksakan pada perempuan dengan lelucon mereka.

"Komedi mungkin tidak mengubah perilaku secara langsung, tetapi dapat mendorong untuk memicu diskusi tentang topik-topik sensitif yang dapat membantu melawan stigma dan stereotipe," kata Sakdiyah Ma'ruf.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Konser "UNiTE" bawa pesan soal perlindungan perempuan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024