Sleman bekerja sama dengan Kota Yogyakarta mengendalikan inflasi daerah

id MoU Sleman Yogyakarta ,Tekan inflasi ,Kabupaten Sleman ,Sleman ,Inflasi Daerah ,Bupati Sleman ,Penjabat Walikota Yogyaka

Sleman bekerja sama dengan Kota Yogyakarta mengendalikan inflasi daerah

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi menunjukkan naskah kerja sama yang telah ditandatangani bersama di Pendopo Parasamya Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Rabu (14/12/22). ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta terkait pengendalian inflasi daerah melalui pemenuhan bahan pangan agar harga-harga kebutuhan pokok tidak mengalami kenaikan.

Kerja sama tersebut direalisasikan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi bertempat di Pendopo Parasamya Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Rabu.

Kustini Sri Purnomo mengatakan kerja sama yang dilakukan Pemkab Sleman dengan Pemkot Yogyakarta ini akan ditindaklanjuti dengan perjanjian teknis dalam pelaksanaannya, khususnya yang terkait dengan pengendalian inflasi daerah, baik itu bagi Kabupaten Sleman maupun Kota Yogyakarta.

"Salah satu yang diupayakan dalam kerja sama ini yaitu pengendalian inflasi daerah," katanya.

Ia mengatakan saat ini Kabupaten Sleman memiliki surplus beberapa komoditas pertanian yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Sleman, namun masih kekurangan untuk kebutuhan lainnya.

"Sehingga membuka peluang adanya barter komoditas antara Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta," katanya.

Kustini mengatakan, kerja sama yang dilakukan Pemkab Sleman bersama Pemkot Yogyakarta ini, merupakan upaya bersama dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan layanan publik layanan publik dan mengusahakan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman.

"Kesepakatan bersama ini merupakan sinergi Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Sleman untuk terus menerus meningkatkan kualitas penyelenggaraan layanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi mengatakan bahwa tingkat inflasi tahunan DIY pada November 2022, berada di angka 6,54 persen (y-on-y). Kerja sama ini dinilai sebagai respon atas kondisi tersebut dimana inflasi DIY masih di atas angka nasional.

"Maksud dari kerja sama ini untuk bersama-sama melakukan upaya pengendalian inflasi daerah, khususnya di DIY. Upaya tersebut diantaranya menjaga kelancaran distribusi untuk memastikan stok atau pasokan komoditas yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa tercukupi," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan kerja sama antar pemerintah daerah agar angka inflasi yang berakibat pada pergerakan harga bahan pangan pokok bisa terus terkendali.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024