Terisolasi akibat cuaca buruk, warga Karimunjawa dapat bantuan

id Pelni,KM Kelimutu

Terisolasi akibat cuaca buruk, warga Karimunjawa dapat bantuan

Menko PMK Muhadjir Effendy (tengah) didampingi Dirut PT Pelni Tri Andayani (kiri) menyapa awak kapal KM Kelimutu di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (30/12/2022). PT Pelni (Persero) bersama sejumlah stakeholder pelabuhan maupun perusahaan BUMN dan swasta menyalurkan paket sembako menggunakan KM Kelimutu dengan total 5000 paket untuk disalurkan kepada masyarakat Karimunjawa yang kekurangan sembako karena jalur logistik terhambat akibat cuaca buruk dalam sepekan terakhir. ANTARA FOTO/Aji Styawan. (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN)

Semarang (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menyalurkan bantuan berupa 5.000 paket kebutuhan pokok untuk warga di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang terdampak cuaca buruk dan gelombang tinggi.

Ribuan paket kebutuhan pokok yang berisi 5 kilogram beras, 1 kg gula pasir, dan 1 liter minyak goreng tersebut diangkut menggunakan KM Kelimutu dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jumat (30/12) malam.

Bantuan sembako merupakan inisiatif Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, serta melibatkan sejumlah pemangku kepentingan pelabuhan maupun perusahaan BUMN dan swasta.

Proses penyaluran bantuan di atas KM Kelimutu di Pelabuhan Tanjung Emas disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani, Direktur PT Pelindo Prasetyo, dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi.

Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani mengatakan bahwa bantuan paket kebutuhan pokok ini untuk membantu warga Karimunjawa yang kekurangan pasokan sembako karena jalur logistik terkendala cuaca buruk.

“Masyarakat Karimunjawa bergantung pada pasokan logistik melalui Semarang yang hanya bisa diakses melalui jalur laut. Alhamdulillah kapal Pelni masih dimungkinkan untuk tetap berlayar menghubungkan Karimunjawa dengan Semarang," kata perempuan yang akrab disapa Anda ini.

Rencanya bantuan yang diangkuta KM Kelimutu akan tiba di Kepulauan Karimunjawa pada Sabtu (31/12) dan segera dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pelni salurkan bantuan kebutuhan pokok untuk warga Karimunjawa

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024