Disdukcapil Kota Yogyakarta layani kembali pencetakan KTP-el

id blanko e-KTP,e-KTP,Yogyakarta,persediaan,MPP,Mal pelayanan publik

Disdukcapil Kota Yogyakarta layani kembali pencetakan KTP-el

Petugas melayani warga yang akan membuat KTP elektronik di Kemantren Tegalrejo, Yogyakarta, Rabu, (7/12/2022). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta membuka layanan drive thru cetak KTP elektronik bagi warga yang kehilangan atau penggantian KTP elektronik yang rusak. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww. (Antara Foto/Hendra Nurdiyansyah)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta melayani kembali pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) melalui mal pelayanan publik (MPP) usai terjadi kekosongan blangko sejak pertengahan Desember 2022

"Hari ini (Kamis),  kami mengambil langsung ke pusat. Harapannya, besok (Jumat, 6/1) sudah bisa mulai melayani pencetakan KTP elektronik kembali," kata Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta Bram Prasetyo di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Bram, jumlah blangko yang akan diambil di pusat sebanyak 6.000 keping atau sesuai dengan permohonan yang diajukan berdasarkan kebutuhan untuk layanan KTP bagi pemula, penggantian kartu yang hilang atau rusak, perubahan biodata kependudukan, layanan "drive thru", dan bantuan untuk mencetak KTP dari luar domisili.

Baca juga: Lantatur KTP di MPP Yogyakarta tidak pengaruhi layanan kecamatan

Sejak persediaan blangko KTP-el kosong,  katanya, hingga saat ini ada lebih dari 1.000 warga yang memegang surat keterangan KTP sebagai pengganti sementara KTP-el.

"Setiap hari, kami mengeluarkan sekitar 170 lembar surat keterangan sebagai pengganti sementara KTP-el. Jadi sampai saat ini ada sekitar 1.000 lebih warga yang masuk daftar tunggu cetak KTP-el," katanya.

Ia mengatakan warga bisa langsung datang ke Gedung MPP Yogyakarta dengan membawa surat keterangan KTP disertai syarat lain, seperti KTP lama yang rusak atau surat kehilangan untuk KTP yang hilang untuk mencetak KTP-el baru.

"Nanti akan diarahkan oleh petugas untuk pelayanan pencetakan KTP-el. Bagi warga lain yang membutuhkan KTP-el bisa langsung datang ke MPP atau mendaftar terlebih dahulu secara daring. Semua kami layani," katanya.

Sedangkan layanan pencetakan KTP-el melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), lanjut Bram, hingga saat ini belum dapat diakses karena sistem belum terkoneksi.

"Untuk layanan selain pencetakan KTP-el tetap bisa diakses melalui ADM. Hanya KTP-el yang tidak bisa karena sistem belum terkoneksi," katanya.

Disdukcapil Kota Yogyakarta selama 2022 menerima blanko KTP-el dari pusat maupun Biro Tapem Setda DIY sebanyak 34.950 keping untuk KTP-el bagi WNI dan 150 keping blangko KTP-el untuk warga negara asing (WNA).

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Yogyakarta Budi Santosa mengatakan layanan "drive thru" cetak KTP-el di MPP masih terus disiapkan.

"Sistemnya masih terus kami siapkan. Kami targetkan pada akhir Februari 2023 layanan 'drive thru' sudah bisa dilakukan," katanya.

Baca juga: Blangko kosong, pencetakan KTP-el di Yogyakarta ditunda hingga Januari 2023
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024