Shin minta maaf Timnas Indonesia kandas

id timnas indonesia,piala aff 2022,shin taeyong ,semifinal piala aff

Shin minta maaf Timnas Indonesia kandas

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (tengah) memberikan pernyataan usai skuadnya kalah 0-2 pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Hanoi, Vietnam (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, kurangnya adaptasi dan konsentrasi menjadi biang kekalahan skuadnya dari Vietnam dengan skor 0-2 pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin.

"Pada gol pertama, kiper kami (Nadeo Argawinata-red) keliru dalam mengatur waktu (timing) saat menangkap bola. Itu karena pemain, secara keseluruhan, belum beradaptasi maksimal dengan lapangan," ujar Shin dalam konferensi pers selepas pertandingan.

Gol pertama Vietnam terjadi pada menit ketiga. Ketika itu, penyerang Vietnam Nguyen Tien Linh berhasil mengejar umpan lambung panjang yang dilepaskan Do Hung Dung.

Nadeo Argawinata berupaya untuk menghalau bola dengan maju dari wilayah amannya, tetap sepakan Tien Linh datang lebih cepat.

Menurut Shin, gol tersebut dieksekusi dengan baik oleh Tien Linh. Akan tetapi, selain kurang adaptasi, kualitas lapangan pun membuat Vietnam mampu membuka skor.

"Kondisi lapangan stadion berbeda sekali dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, yang sempurna dan baik. Keadaan Stadion My Dinh bagi saya lebih baik saat di SEA Games 2021. Untuk sekarang, saya menyayangkan kondisi lapangannya. Namun, tim Vietnam sudah terbiasa dengan ini," tutur Shin.

Kemudian, untuk gol kedua Vietnam, yang dicetak Nguyen Tien Linh pada menit ke-47 atau kurang dari dua menit begitu paruh kedua berjalan, Shin mengakui itu karena kurangnya konsentrasi anak-anak asuhnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Shin: Kurang adaptasi-konsentrasi biang kalah Indonesia dari Vietnam
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024