Dishub Bantul merencanakan penambahan LPJU di jalan kabupaten dan desa

id Dinas Perhubungan Bantul ,Lampu jalan,Infrastruktur kewilayahan

Dishub Bantul merencanakan penambahan LPJU di jalan kabupaten dan desa

Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, DIY (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, merencanakan penambahan pemasangan lampu penerangan jalan umum (LPJU) di jalan kabupaten maupun jalan desa pada tahun anggaran 2023.

"Tahun 2023 masih tetap ada LPJU baik di jalan kabupaten maupun jalan desa, jadi kami turut mendukung apa yang dicanangkan pemerintah untuk mengoptimalkan infrastruktur kewilayahan," kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul Singgih Riyadi di Bantul, Jumat.

Dia mengatakan, salah satunya upaya untuk optimalkan infrastruktur kewilayahan diantaranya dengan lampu jalan, yang pada triwulan pertama tahun 2023, pihaknya bersama unsur terkait menyusun perencanaan untuk direalisasikan triwulan selanjutnya.

"Jadi saat ini kami masih menyusun perencanaan, Insya Allah di triwulan II baru pelaksanaan di lapangan, targetnya begitu," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, untuk titik-titik atau lokasi wilayah Bantul yang menjadi sasaran pemasangan LPJU sudah tersedia, baik yang diusulkan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), kemudian usulan dari DPRD dan melalui pokok-pokok pikiran.

"Itu nanti akan kami survei di lapangan, apakah titiknya itu memenuhi syarat atau tidak, kalau memenuhi syarat kita jalankan, kalau tidak nanti akan kita rekomendasikan ke titik yang lain," katanya.

Singgih mengatakan, rencana pemasangan LPJU diupayakan merata di seluruh 17 kecamatan se-Bantul, baik yang merupakan jalur wisata, maupun jalur di kawasan ruang strategis yang memang belum didukung lampu penerangan jalan.

"Kemudian di daerah Imogiri, dan daerah pantai selatan juga banyak yang diusulkan, target realisasinya kalau kami triwulan dua dan triwulan tiga sudah selesai," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024