Dankodiklat AU sebut Danlanud berperan didik calon penerbang

id Sertijab Danlanud Adisutjipto ,Didik calon penerbang ,TNI AU

Dankodiklat AU sebut Danlanud berperan didik calon penerbang

Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Lanud (Danlanud) Adisutjipto Yogyakarta di lapangan Jupiter, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Selasa (24/1/2023) (Foto Pentak Lanud Adisutjipto Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Udara (Dankodiklat AU) Marsdya TNI Tedi Rizalihadi menyebutkan Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta mempunyai peran mendidik calon penerbang dan navigator angkatan udara Tanah Air.

"Saya menilai peran Komandan Lanud Adisutjipto merupakan peran yang krusial dan sangat menentukan dalam membentuk dan mendidik calon-calon penerbang maupun navigator," kata Dankodiklat AU saat memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Danlanud Adisutjipto di Lapangan Jupiter, Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Selasa.

Dalam keterangan tertulis Pentak Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Upacara Serah Terima Jabatan Danlanud Adisutjipto dilakukan dari Marsma TNI Azhar Aditama D kepada Marsma TNI Dedy Susanto.

"Kehadiran seorang komandan membutuhkan karakter kepemimpinan dan keteladanan yang inspiratif dan inovatif. Hal ini telah ditunjukkan Komandan Lanud Adisutjipto yang lama," katanya.

Ia mengatakan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, maka setiap organisasi dituntut kritis menghadapi berbagai situasi sehingga dapat mengkonversi peluang yang menentukan dalam pelaksanaan tugas.

Selain itu, seiring dinamika perkembangan lingkungan strategis yang semakin kompleks, maka TNI AU dituntut adaptif terhadap berbagai perubahan agar memiliki keunggulan kompetitif di tengah persaingan global, dapat menjawab melalui penyiapan generasi penerus yang siap menghadapi tantangan, dan perubahan zaman.



"Untuk itulah, serah terima jabatan ini kita laksanakan guna terus beradaptasi dengan tantangan tugas serta untuk memenuhi kebutuhan organisasi TNI AU yang semakin kompleks sehingga akan lahir berbagai inovasi dan upaya perbaikan yang berkelanjutan," katanya.

Dia mengatakan Lanud Adisutjipto sebagai Satuan Pelaksana Kodiklat TNI AU yang bertugas melaksanakan pembinaan dan pengoperasian pendidikan seluruh satuan dalam jajarannya melaksanakan pembinaan Jupiter Aerobatic Team (JAT), pendidikan awak PTTA, dan minat kedirgantaraan.

Kemudian mendukung kegiatan operasi udara dan melaksanakan pembinaan satuan jajaran di bawahnya, melaksanakan fungsi-fungsi kewilayahan, menjadikan Lanud Adisutjipto sebagai satuan yang sangat strategis dalam penyiapan sumber daya TNI AU yang unggul, berkarakter, dan profesional.

"Hal yang harus dilakukan saat ini adalah melakukan perubahan ke arah kemajuan yang lebih baik dari waktu ke waktu guna menghasilkan hasil didik yang unggul, berkarakter, dan profesional," katanya.

Ia mengatakan seperti yang diutarakan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) bahwa Kodiklatau dan satuan jajarannya menjadi "leading sector" membentuk 'mindset' serta meningkatkan kecakapan sumber daya manusia AU melalui pengelolaan pendidikan.

"Sumber daya manusia TNI AU yang unggul, berkarakter, dan profesional merupakan salah satu aset penting guna mewujudkan TNI Angkatan Udara menjadi Angkatan Udara yang disegani di kawasan," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024