KPU Bantul menerjunkan 3.175 petugas mutakhirkan data pemilih Pemilu

id Petugas pantarlih ,Data pemilih Pemilu ,Pemilu 2024

KPU Bantul menerjunkan 3.175 petugas mutakhirkan data pemilih Pemilu

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024 di salah satu kelurahan wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (12/2/2023) (ANTARA/HO-KPU Bantul)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menerjunkan sebanyak 3.175 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) untuk memutakhirkan data pemilih Pemilu serentak 2024 di seluruh 75 kelurahan daerah ini.

"Sebanyak 3.175 pantarlih ini akan melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih mulai 12 Februari sampai dengan 14 Maret 2023," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Minggu.

Seluruh petugas pantarlih Pemilu 2024 tersebut dilantik dan diambil sumpah janji yang dipandu oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing kelurahan yang secara serentak dilakukan pada Minggu (12/2).

Dia mengatakan pantarlih Pemilu 2024 dalam bekerja akan mengenakan atribut berupa topi, rompi dan tanda pengenal pantarlih.

"Coklit akan dilaksanakan dengan cara berkunjung dari rumah ke rumah sesuai dengan wilayah kerja pantarlih yang berbasis TPS (tempat pemungutan suara)," katanya.

Dia mengatakan dalam melaksanakan coklit ini pemilih cukup dengan menyiapkan dokumen kependudukan berupa kartu tanda penduduk (KTP) elektronik atau Kartu Keluarga (KK).

"Selanjutnya petugas akan mencocokkan data pemilih dengan dokumen kependudukan yang dimiliki pemilih. Apabila ada pemilih yang belum masuk dalam data pemilih, maka pantarlih akan mencatat dan memasukkan dalam kategori pemilih potensial," katanya.

Lebih lanjut Didik juga mengingatkan bahwa dalam melakukan pencocokan dan penelitian, petugas akan menanyakan tentang keberadaan pemilih yang menyandang disabilitas atau difabel.

"Identifikasi penyandang disabilitas ini penting untuk memberikan kepastian pelayanan pada saat hari pemungutan suara di TPS," katanya.

Jumlah petugas pantarlih yang diterjunkan ini berdasarkan jumlah TPS hasil pemetaan yang dilakukan KPU Bantul yaitu sebanyak 3.175 tempat. Jumlah TPS ini masih dimungkinkan akan berubah pasca coklit selesai.

"Hal ini dimungkinkan karena adanya pengurangan atau penambahan pemilih. Untuk Pemilu 2024 jumlah pemilih maksimal di masing-masing TPS 300 pemilih. Pada pemilu 2019, jumlah TPS yang ada di Bantul sebanyak 3.040 TPS," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024