Bantul kirim 486 atlet pelajar pada Pekan Olahraga Pelajar DIY

id Atlet Popda 2023,Kontingen Bantul ,Pelepasan atlet pelajar Bantul

Bantul kirim 486 atlet pelajar pada Pekan Olahraga Pelajar DIY

Pelepasan atlet Pekan Olahraga Pelajar Daerah Istimewa Yogyakarta (Popda DIY) kontingen Bantul di Pendopo Parasamya Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (13/3/2023) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengirimkan sebanyak 486 atlet pelajar dan ofisial untuk berkompetisi dalam Pekan Olahraga Pelajar (Popda) DIY yang diselenggarakan mulai 14 sampai 18 Maret 2023.

"Kalian anak hebat, anak terpilih mewakili satu juta jiwa penduduk Bantul dalam ajang yang mempertaruhkan nama besar Bantul. Oleh karena itu, di pundak kalian, pada kemampuan kalian, Bantul menitipkan agar kalian kembali meraih Juara Umum pada Popda 2023," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat pelepasan atlet Popda 2023 di Bantul, Senin.

Menurut dia, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan para atlet termasuk atlet pelajar sebelum berkompetisi, karena yang namanya kompetisi olahraga itu setidaknya melibatkan tiga hal. Yang pertama faktor fisik, yang kedua mental, dan ketiga keterampilan.

"Betapa banyak atlet bagus, fisik kuat, tetapi tidak memiliki mental kuat, gampang minder, gampang berkecil hati, lemah dalam semangat juang, dan akhirnya kalah, itu bukan karena fisik yang lemah, tetapi mentalnya yang lemah," katanya.

Bupati mengatakan, kemudian tidak kalah pentingnya adalah keterampilan, dalam seluruh cabang olahraga, para atlet telah dilatih untuk terampil memainkan permainan-permainan dalam setiap cabang olahraga masing masing.

"Latihan harus terus diperkuat, berlatihlah, lakukan olahraga kebugaran agar fisik kuat dan sehat. Jaga mentalitas kalian, jangan minder, jangan kecil hati, jangan nglokro, kalau tertinggal skor jangan putus asa, karena betapa banyak atlet hebat ketinggalan skor, tapi karena mental juara, akhirnya bisa mengejar ketertinggalan dan muncul sebagai pemenang," katanya.

Bupati juga berpesan, agar keterampilan dalam permainan apapun dalam cabang olahraga apapun harus terus dilatih secara fokus, kalau misalnya melihat musuh hebat jangan kecil hati, tetap pantang menyerah, karena atlet pelajar Bantul harus memiliki semangat dan mental baja.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, Kabupaten Bantul adalah kabupaten langganan juara Popda dari tahun ke tahun, dan sudah menjuarai atau sebagai juara umum Popda sebanyak tujuh kali berturut-turut. Karena itu, Bupati berpesan agar atlet terus konsisten menampilkan prestasi terbaiknya.

"Jangan pernah menurun prestasinya, atlet Popda kontingen Bantul harus kembali menjuarai pada Popda 2023. Pada 2022, Bantul meraih 92 medali emas, 62 medali perak, 68 medali perunggu, perolehan ini harus kita tingkatkan, tambah, sehingga bisa mengukuhkan Bantul sebagai juara umum sejati," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul Isdarmoko mengatakan sebanyak 486 atlet dan ofisial kontingen Bantul akan bertanding pada Popda 2023 yang mempertandingkan 29 cabang olahraga, yaitu diantaranya anggar, angkat besi, atletik, bola voli, bulutangkis, catur bisbol, kempo dan sebagainya.

"Tujuan pelaksanaan kegiatan Popda adalah mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar DIY, mencetak dan melahirkan calon atlet terbaik daerah, sehingga di masa depan akan jadi atlet andalan di Yogyakarta dan Indonesia pada umumnya," katanya.*