BCA resmikan instalasi air bersih di Pedukuhan Gunung Cilik Bantul

id bca,air bersih

BCA resmikan instalasi air bersih di Pedukuhan Gunung Cilik Bantul

Peresmian instalasi air bersih di Pedukuhan Gunung Cilik, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) (ANTARA/HO-BCA)

Yogyakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Senin (13/3), meresmikan instalasi air bersih di Pedukuhan Gunung Cilik, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

Di Pedukuhan Gunung Cilik yang berlokasi di lereng pegunungan perbatasan antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul itu ketersediaan air bersih merupakan masalah untuk warga setempat.

Kondisi geografis daerah perbukitan dan sumber mata air yang berada jauh di luar Pedukuhan Gunung Cilik menyebabkan area ini rentan kekeringan air, terutama ketika musim kemarau.

Selama ini, masyarakat harus mengandalkan sumur gali milik warga yang biasanya mengalami kekeringan saat musim kemarau atau mengandalkan bantuan distribusi air dari donatur pihak ketiga dengan menggunakan tangki air.

Menyadari hal ini, BCA bersama dengan Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia (PPBI) mengambil langkah aktif dengan membantu pembangunan instalasi air bersih. Mulai dibangun pada 2022, harapannya instalasi ini dapat menjaga ketersediaan air bersih untuk 70 kepala keluarga di Pedukuhan Gunung Cilik.

Hadir dalam peresmian Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Yogyakarta Budiharto Setyawan, Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo, Ketua Umum PPBI Aslim Tadjuddin beserta segenap manajemen BCA di Kabupaten Bantul, Senin (13/3).

Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo mengatakan air bersih adalah sebuah kebutuhan dasar yang sangat penting menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Bagi masyarakat perkotaaan, ketersediaan air bersih adalah suatu hal yang lumrah.

Namun, ironisnya meski hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Yogyakarta, warga di Pedukuhan Gunung Cilik masih mengalami kesulitan untuk memperoleh air bersih setiap tahunnya, terlebih saat musim kemarau.

"Oleh karena itu, BCA mengambil inisiatif untuk membangun instalasi air bersih untuk memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat sekitar," tutur Cyrillus Harinowo.

Ketua Umum Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia (PPBI) Aslim Tadjuddin berharap instalasi air bersih ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga Pedukuhan Gunung Cilik sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup serta menjaga kesehatan mereka.

Pembangunan instalasi air bersih di Pedukuhan Gunung Cilik merupakan salah satu kegiatan Bakti BCA. Sebelumnya, Bakti BCA turut membantu pembangunan instalasi air bersih di beberapa wilayah, antara lain Kabupaten Gunungkidul, DIY, dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.