Kuil Zenkoji diburu wisatawan

id Jepang, Kuil Zenkoji, Wisata

Kuil Zenkoji diburu wisatawan

Pengunjung memasuki aula utama Kuil Zenkoji di Prefektur Nagano, Jepang, Jumat (17/2/2023). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Jepang memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama saat musim libur. Tidak hanya wisata budaya dan alamnya yang diminati banyak wisatawan asing, tapi wisata rohani ke Jepang juga menjadi salah satu wisata populer.

Salah satu wisata rohani yang bisa dilakukan saat liburan ke Jepang adalah mengunjungi Kuil Zenkoji, yang merupakan salah satu kuil terpenting di Jepang. Terletak di Prefektur Nagano, Kuil Zenkoji memiliki sejarah sepanjang 1.400 tahun.

Kuil ini merupakan kuil yang menerima Patung Buddha pertama yang dibawa ke Jepang dari India, melalui Semenanjung Korea dan China.

Dibangun sejak 1.710 tahun yang lalu, Kuil Zenkoji sampai saat ini masih menjadi tempat yang populer untuk dikunjungi tidak hanya oleh umat beragama Buddha tetapi juga terbuka untuk wisatawan umum.
Pengunjung berdoa di depan aula utama Kuil Zenkoji di Prefektur Nagano, Jepang, Jumat (17/2/2023). (ANTARA/Katriana)

Aula utama

Dari sekian banyak bangunan di dalam kuil, terdapat aula utama yang telah beberapa kali dibangun ulang karena mengalami kebakaran.

Tidak ada yang tahu persis kapan aula utama itu dibangun karena banyak arsip hilang karena terbakar. Namun, aula utama yang berdiri saat ini dibangun sejak 310 tahun yang lalu.

Di dalam aula utama tersebut, terdapat banyak patung dewa setinggi dua meter. Aula tersebut merupakan tempat Patung Buddha pertama diletakkan.


Tur menuju surga

Selain bisa menikmati pemandangan bangunan kuil yang berusia ribuan tahun, pengunjung di Kuil Zenkoji bisa juga mengikuti tur bawah tanah.

Selama tur, pengunjung akan melalui lorong gelap dengan sedikit cahaya sepanjang 45 meter. Saat mulai memasuki lorong gelap tersebut para pengunjung akan diimbau untuk memegang barang bawaan dengan tangan kiri, sementara tangan kanan bisa digunakan untuk memegangi dinding lorong yang gelap.

Jalur yang dilalui selama tur bawah tanah tersebut melalui bagian ruangan tempat Patung Buddha diletakkan. Ruangan tersebut ditutup rapat dengan sebuah kunci. Dan, siapapun yang bisa menyentuh kunci itu selama tur, mereka dianggap akan bisa masuk surga.

Gerbang Sanmon

Sebelum memasuki aula utama Kuil Zenkoji, para pengunjung akan melewati gerbang sanmon. Gerbang itu berdiri pada 1750 dan di atas gerbang terdapat sebuah tulisan berlafal "Zenkoji". Di dalam tulisan itu terdapat bentuk seperti lima ekor merpati, yang dianggap sebagai lambang perdamaian.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Berburu kunci menuju surga di Kuil Zenkoji Jepang