KPP gamang deklarasikan Capres 2024 Anies Baswedan

id KPP,PARA Syndicate,Anies Basweda,Ari Nurcahyo,NasDem,PKS,Demokrat,Anas Urbaningrum

KPP gamang deklarasikan Capres 2024 Anies Baswedan

Tangkapan Layar Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo dalam diskusi bertajuk "Koalisi Besar untuk Siapa: Ganjar atau Prabowo atau?" di Jakarta, Jumat (14/4/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo menilai Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang beranggotakan NasDem, Demokrat, dan PKS terlihat gamang meski sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

"Jika belum terjadi deklarasi secara resmi bersama-sama dari tiga partai sebagai KPP, NasDem, Demokrat, dan PKS bersama-sama official mendeklarasikan ini capres kami Anies Baswedan. Ini belum terjadi sampai hari ini. Maka, posisinya masih terbaca di publik masih dalam fungsi belum form atau masih dalam posisi masih gamang," ujar Ari dalam diskusi bertajuk Koalisi Besar untuk Siapa: Ganjar atau Prabowo atau? di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, memorandum of understanding yang sudah ditandatangani oleh ketiga partai itu tidak dilakukan bersama-sama. Pasalnya, mereka masih menunggu sampai pendamping Anies sebagai calon wakil presiden (cawapres).

"Saya pikir itu hanya alibi saja yang diciptakan," tuturnya.

Ari juga menjelaskan alasan NasDem dan Demokrat masih dalam posisi gamang. Pertama, NasDem mewarisi karakter politik dari Golkar yang selalu berada pada kekuasaan pemerintah. Hal inilah yang menjadi pertimbangan apakah Anies dapat memenangi pertarungan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024.

"Pertimbangannya memang menang kalah, masih ada itu yang pertama ada keraguan. Kalau sampai kalah, aku berada di luar pemerintahan. Pak Jokowi 'kan cukup kesal dengan sikap politik yang dilakukan oleh NasDem," tambah dia.

Kedua, lanjut Ari, masih ada tarik-menarik terkait dengan status hukum Sekretaris Jenderal Parta NasDem Johnny Gerard Plate.

Ketiga, kepastian soal capres dan cawapres untuk melakukan kompromi bersama Demokrat dan PKS. Selain itu, kegamangan lainnya yang diakibatkan oleh posisi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PARA Syndicatenilai KPP masih gamang deklarasikan Anies Baswedan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024