Pemkab Kulon Progo mengimbau pemudik manfaatkan Pospam untuk istirahat

id Pos pengamanan,Kulon Progo,Arus Mudik ,Lebaran 2023

Pemkab Kulon Progo mengimbau pemudik manfaatkan Pospam untuk istirahat

Penjabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana memantau volume kendaraan di Pos Pengamanan Terminal Wates pada Selasa (18/4). (Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau pemudik yang melalui wilayah itu sepanjang jalur Jalan Nasional Purworejo - Yogyakarta untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan, seperti Pos Pengamanan di Temon dan Terminal Wates untuk istirahat.

"Jangan paksakan melanjutkan perjalanan jika kondisi tidak memungkinkan. Karena sekarang ini sudah mulai ada peningkatan arus pemudik yang melintas," kata Penjabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana di sela melakukan pemantauan Pos Pengamanan di Kulon Progo, Selasa.

Ia mengatakan pengamanan mulai dari personel dan peralatan telah dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi arus mudik maupun balik di Kulon Progo. Hal ini juga didukung dengan koordinasi dengan beberapa pihak yang diharapkan dapat mendukung kelancaran arus mudik dan dapat membantu kenyamanan masyarakat dalam perjalanan.



"Kami harapkan masyarakat yang memerlukan istirahat, bisa mempergunakan Pos Pengamanan yang ada di sepanjang jalur utama dari Temon hingga Sentolo. Sisi utara saya yakin juga sudah siap," kata Tri.

Dengan mulai adanya peningkatan arus lalu lintas, Tri menghimbau agar pemudik untuk berhati-hati dan menjaga kesehatan. Pemudik dapat memanfaatkan dengan baik fasilitas istirahat yang telah disediakan, baik di Pos Pengamanan maupun ditempat lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kulon Progo Bowo Pristiyanto mengatakan berdasarkan pantauan dari Pos Monitoring, sudah terdata peningkatan sekitar 23 persen, jika dibandingkan hari Minggu dan Senin kemarin. Ada kenaikan jumlah kendaraan yang melintas sekitar 7 ribu kendaraan.



"Ada kenaikan sekitar 23 persen jika dibandingkan hari yang sama pada tahun lalu. Jadi ini sudah mulai padat," ungkap Bowo.

Ditambahkan Boro, jumlah Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang melintas sudah meningkat lebih dari 100 persen.

"Untuk kendaraan pribadi juga sudah meningkat, meski tidak sebanyak bus AKAP," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024